Tips Menghindari Kecelakaan di Jalan Tol Saat Musim Hujan

SOLO, virprom.com – Berkendara di jalan tol pada musim hujan menjadi tantangan tersendiri yang memerlukan kewaspadaan dan kehati-hatian lebih dari para pengemudi.

Saat hujan, kecepatan tinggi, jarak pandang terbatas, dan kondisi licin seringkali berjalan beriringan sehingga meningkatkan risiko kecelakaan.

Soni Sumarna, Direktur Pelatihan Konsultan Keselamatan dan Keamanan Indonesia (SDCI), mengatakan berkendara di jalan tol sangat berbahaya.

“Berkendara di jalan tol saja berbahaya, dan semakin banyak hujan, semakin berbahaya,” kata Sony kepada virprom.com, baru-baru ini.

Baca Juga: Fakta Lingkar Mandalika, Jalan dengan Pesona Alam yang Luar Biasa

Sony mengatakan ada beberapa hal yang harus diperhatikan pengemudi untuk mengurangi risiko kecelakaan di jalan tol.

Pertama, saat berkendara melewati genangan air dengan kecepatan tinggi, Anda perlu menjaga kecepatan berkendara agar terhindar dari perahu yang bannya mengapung.

Kedua, menjaga jarak aman dengan kendaraan lain, melihat ke depan dan pandangan luas. Dan gunakan jalur yang paling aman yaitu jalur kiri.

“Selalu berjalan di kiri. Cara paling aman, karena kecepatan maksimalnya hanya 60 km/jam,” kata Sony.

Sony melanjutkan, pengemudi dapat menyalakan lampu sorot rendah untuk meningkatkan visibilitas pengemudi di depannya, sekaligus menjadi benchmark pengemudi di depannya.

Baca Juga: Marquez Juara Sprint Race MotoGP Indonesia 2024

Hindari kebiasaan menyalip atau menyalip kendaraan lain saat hujan. Hal ini meningkatkan kemungkinan terjadinya kecelakaan.

“Saat kecepatan kendaraan di atas rata-rata, mudah tergelincir karena slipstream, crosswinds, blind spot, dan lain-lain,” kata Sony.

Terakhir, pengemudi sebaiknya memperhatikan kondisi kendaraan dan menjaga kondisi ban. Sebagai komponen utama yang bersentuhan langsung dengan aspal, ban harus memiliki daya cengkram yang baik terutama di jalan basah.

“Pertimbangkan kondisi, desain, dan udara ban agar dapat mencengkram permukaan jalan dengan lebih baik,” kata Sony. Dengarkan berita terbaru dan pilihan kami langsung di ponsel Anda. Untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com, pilih saluran berita favorit Anda: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top