Israel Larang Sekjen PBB Masuki Negaranya, Ada Apa?

Tel Aviv, virprom.com – Menteri Luar Negeri Israel Israel Katz pada Rabu (10/02/2024) mengkritik Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres karena gagal tegas dalam mengutuk serangan rudal Iran terhadap Terdakwa 

Dia juga menyebut Guterres “persona non grata” dan melarangnya memasuki negara tersebut.

Israel telah berulang kali mengeluhkan pendekatan PBB selama perang selama setahun di Gaza.

Baca juga: Hubungan Iran-Israel: Dulu Berteman, Kini Musuh Bebuyutan

“Siapa pun yang tidak bisa mengutuk serangan brutal Iran terhadap Israel, seperti yang dilakukan hampir setiap negara di dunia, tidak pantas menginjakkan kaki di tanah Israel,” tulis Katz di X, menurut laporan Reuters.

Menggemakan tema tersebut, pejabat tersebut menuduh Sekretaris Jenderal PBB mendukung “teroris, pemerkosa dan pembunuh” dan menggambarkannya sebagai “noda dalam sejarah PBB”.

Tak lama setelah serangan itu, Guterres mengutuk peningkatan kekerasan di wilayah tersebut, namun tidak menyebut Iran.

“Saya mengecam eskalasi konflik Timur Tengah yang semakin meningkat. Ini harus dihentikan. Kita sangat membutuhkan gencatan senjata,” tambahnya.

Israel telah lama berkonflik dengan PBB dan banyak organisasi internasional lainnya. 

Namun, hubungan antara negara tersebut dan organisasi internasional telah mencapai titik terendah sejak Israel memulai perang berkelanjutan di Gaza, menyusul serangan Hamas di Israel selatan pada 7 Oktober.

Dalam postingannya, Katz mengklaim bahwa Sekjen PBB gagal mengutuk “pembantaian dan kekejaman seksual yang dilakukan oleh Hamas pada 7 Oktober” dan mendukung “Hizbullah, gajah, dan Iran”, yang disebutnya sebagai “teror global”.

Baca Juga: Peretas Ungkap Kelemahan Besar Sistem NASA, Begini Respons Luas NASA

Ketika perang di Lebanon meningkat akhir bulan lalu dan Israel mengalihkan fokus utamanya ke Hizbullah, Guterres mengatakan dia sangat terganggu dengan meningkatnya situasi dan tingginya jumlah korban sipil.

  Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top