Israel Terus Perkuat Kehadiran Militer di Lebanon, Bersumpah Balas Serangan Iran

Yerusalem, Kompas. COM – Militer Israel mengatakan pada Rabu (2/10/2024) bahwa unit infanteri reguler dan lapis baja telah bergabung dalam operasi darat mereka di Lebanon.

Hal ini dilakukan untuk meningkatkan tekanan terhadap Hizbullah, saat mereka bersiap melawan serangan rudal Iran.

Setelah melawan Hamas di Gaza, Israel meningkatkan kehadirannya di Lebanon selatan dalam konflik dengan Hizbullah, sehari setelah Iran menyerangnya.

Baca juga: Iran Serang Israel, Begini Selanjutnya

Menurut laporan Reuters, tindakan Israel menimbulkan kekhawatiran bahwa negara penghasil minyak di Timur Tengah dapat terlibat dalam perang yang lebih luas.

Iran mengatakan bahwa serangan ini, yang merupakan serangan terbesar terhadap Israel, akan berhenti sampai tindakan provokatif lebih lanjut diambil, namun Israel dan Amerika Serikat telah berjanji untuk membalas dendam.

Kekerasan terus berlanjut di perbatasan antara Israel dan Lebanon. Dengan tambahan infanteri dan kendaraan lapis baja Israel dari Divisi 36, termasuk Brigade Golani, Brigade Lapis Baja ke-188, dan Brigade Infanteri ke-6, operasi tersebut kemungkinan besar berada di luar cakupan serangan komando terbatas.

Tentara Israel mengatakan operasi daratnya sebagian besar ditujukan untuk menghancurkan terowongan dan infrastruktur lainnya di perbatasan. Tidak ada rencana untuk melakukan operasi skala besar yang menargetkan Beirut atau kota-kota besar di Lebanon selatan.

Mereka mengeluarkan perintah evakuasi baru untuk puluhan kota di sepanjang perbatasan selatan.

Sementara itu, Hizbullah mengatakan pihaknya bentrok dengan tentara Israel di kota perbatasan Marun al-Ras setelah mereka mengusir pasukan Israel di dekat kota perbatasan lainnya. 

Kelompok itu juga mengatakan pihaknya menembakkan roket ke pos-pos militer di Israel.

Baca juga: Kedutaan Besar Israel di Swedia dan Denmark Diserang, Tidak Ada yang Terluka

Pada Rabu pagi, Israel mengebom pinggiran selatan Beirut, yang merupakan jantung kelompok yang didukung Iran, dan melakukan lebih dari 100 serangan udara terhadap sasaran Hizbullah.

Menteri Komunikasi Lebanon, Johnny Koram, mengatakan sebuah menara transmisi seluler telah hancur.

Meskipun ada seruan gencatan senjata dari PBB, Amerika Serikat dan Uni Eropa, perang antara Israel dan Hizbullah yang berbasis di Lebanon terus berlanjut.

Baca juga: Apa Itu Rudal Balistik?

Jumlah korban tewas dalam dua minggu terakhir adalah yang tertinggi dalam hampir satu tahun, menurut angka pemerintah Lebanon, dengan sekitar 1.900 orang tewas di sepanjang perbatasan Lebanon dan lebih dari 9.000 orang terluka. 

  Dengarkan langsung berita terkini dan berita pilihan kami di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top