Oli Mesin dan Oli Gardan Krusial Dalam Merawat Skutik

SOLO, virprom.com – Dalam merawat sepeda motor matic (matic), memastikan performa terbaik menjadi prioritas utama pemiliknya. Salah satunya oli mesin dan oli gardan.

Kedua jenis oli ini berperan penting dalam menjaga mesin dan komponen lainnya tetap berjalan, sehingga memahami fungsinya dapat membantu pemilik sepeda motor dalam melakukan perawatan yang baik.

Menurut Edi, Manager Bengkel AHASS Kalioso Honda Karanganyar, fungsi kedua jenis oli ini adalah untuk melumasi komponen mesin yang sistem kerjanya saling bergesekan.

Baca Juga: Mayoritas korban kecelakaan lalu lintas adalah usia produktif

Kemudian bersihkan kotoran mesin untuk melindungi komponen mesin dari korosi atau karat, kata Edi kepada virprom.com, Jumat (21/6/2024).

Eddy juga mengatakan oli motor dan oli gardan mampu menutup celah antar bagian mesin serta meredam getaran dan kebisingan di dalam mesin.

Selain itu, Edi juga memiliki indikator standar yang menjadi acuan spesifikasi oli dan kompatibilitas mesin yaitu JASO atau Japan Automobile Standard Organization MB dan JASO MA.

JASO MB merupakan salah satu jenis oli motor yang digunakan untuk sepeda motor tipe matic dengan sistem kopling tipe kering seperti CVT, kata Edi.

Baca juga: Ketahui Penyebab dan Bahaya Ban Kempes

Sedangkan JASO MA merupakan jenis oli yang digunakan untuk sepeda motor kopling basah.

Misalnya jenis moped atau quad bike dan jenis sport bike, kata Edie.

Edie juga menjelaskan, Oli transmisi atau yang lebih dikenal dengan oli gardan digunakan khusus untuk sepeda motor matic dan terdapat pada bagian gigi transmisi. Dengarkan berita terkini dan pilihan kami langsung dari ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top