Kapolri Masih Kumpulkan Informasi Usut Gangguan PDN Kemenkominfo

JAKARTA, virprom.com – Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri), Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengungkapkan, Polri masih mengumpulkan informasi terkait terganggunya sistem Pusat Data Nasional (PDN) milik Polri. Kementerian Komunikasi dan Informatika. (Kominfo).

Kombes Polri mengatakan, Porli sedang mempelajari informasi tersebut bersama Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).

“Sekarang kami sedang mengumpulkan informasi dan kami selidiki dengan bantuan BSSN jika ada kendala teknis atau ada hal lain,” kata Sigit kepada The Tribrata Darmawangsa, Jakarta, Senin (24/6/2024).

Baca juga: Polri akan selidiki siapa dalang gangguan sistem PDN

Pada kesempatan lain, Sigit sudah memastikan jika ada unsur pidana dalam kejadian ini akan didalami Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri.

“Insiden kriminal diselidiki oleh polisi

Sistem PDN mengalami gangguan sehingga layanan perjalanan di banyak bandara terhenti, termasuk Bandara Soekarno-Hatta, hingga Kamis (20/6/2024).

Pada Sabtu (22/6/2024), Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika Semuel Abrijani Pangerapan mengungkapkan beberapa layanan terkait keimigrasian sudah kembali beraktivitas. Seperti layanan paspor dan visa.

Baca Juga: Komisi DPR desak Kementerian Komunikasi dan Informatika segera atasi dan jelaskan kekacauan PDN

Langkah pemulihan terus dilakukan dengan perkembangan sebagai berikut. Pertama, beberapa layanan imigrasi seperti paspor, visa, izin tinggal, dan pembuatan paspor sudah mulai berfungsi kembali, kata Semuel, Sabtu.

Ia juga mengatakan, layanan autogate travel di Bandara Soekarno Hatta juga sudah kembali beroperasi secara bertahap.

Semuel meyakinkan, pihaknya terus melakukan upaya pemulihan secepatnya dengan selalu memperhatikan aspek kehati-hatian dan mengutamakan kepentingan warga atau pengguna layanan. Dengarkan berita dan berita pilihan langsung dari ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top