Korea Selatan Bakal Bangun 2 Reaktor Nuklir

SEOUL, virprom.com – Korea Selatan pada Kamis (12/9/2024) mengonfirmasi pembangunan dua reaktor nuklir di pantai timur.

Sebab, Korea Selatan sedang berupaya memperluas tenaga nuklirnya. Padahal, pemerintahan sebelumnya memiliki kebijakan anti nuklir.

Seperti dilansir AFP, Komisi Keselamatan dan Keamanan Nuklir menyetujui izin pembangunan reaktor Shin Hanul 3 dan 4 setelah memastikan keamanan proyek di tenggara Uljin.

Baca juga: Latihan Militer Gabungan AS-Korea Selatan, Tujuannya

“Kami belum menemukan apa pun yang dapat menimbulkan bencana global seperti tanah longsor atau tanah longsor di kawasan tempat dibangunnya gedung tersebut,” demikian pengungkapannya.

Terakhir, masing-masing berkapasitas 1,4 gigawatt dan rencananya akan dibangun pada 2033.

Seoul berupaya melakukan denuklirisasi di bawah kepemimpinan Moon Jae-in, yang pemerintahannya berharap dapat melakukan denuklirisasi Korea Selatan sepenuhnya pada tahun 2084.

Namun, sejak Yoon Suk Yeol menjabat pada tahun 2022, pemerintahannya mempunyai tujuan untuk meningkatkan pangsa listrik yang dihasilkan dari tenaga nuklir menjadi 36 persen pada tahun 2038, dari 30 persen saat ini.

“Reaktor baru ini akan berkontribusi terhadap pengembangan teknologi canggih seperti AI dengan menyediakan pasokan energi bersih dan andal yang stabil,” kata Sung Tae-yoon, manajer staf kebijakan Yoon.

Selain itu, pembangunan ini juga akan membantu negara mendapatkan tender pembangunan reaktor di luar negeri.

Persetujuan tersebut diberikan delapan tahun setelah Korea Hydro & Nuclear Power Company pertama kali mengajukan permohonan izin.

Namun, pada tahun 2017 proses ini terhenti karena dorongan pemerintah sebelumnya untuk mengurangi ketergantungan negara pada tenaga nuklir.

Baca juga: Delegasi Rusia Tiba di Korea Utara, Apa Tujuannya?

Keputusan hari Kamis ini dikritik oleh kelompok aktivis Korea Energy Justice Actions sebagai langkah tidak adil yang mengancam keamanan masyarakat, dan bertentangan dengan posisi dunia mengenai transisi energi ke sumber terbarukan. Dengarkan berita terkini dengan pilihan berita kami langsung di ponsel Anda. Pilih berita favorit Anda untuk mendapatkan Channel WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top