Serangan Rudal Iran ke Israel Dipatahkan Kapal Perang AS

WASHINGTON DC, virprom.com – Presiden Amerika Serikat, Joe Biden, pada Selasa (10/1/2024) membenarkan bahwa serangan rudal Iran ke Israel berhasil dihalau oleh kapal perang Amerika.

Amerika juga telah memperingatkan bahwa Iran akan menghadapi konsekuensi besar atas serangan rudal balistik.

Biden kemudian mengatakan bahwa Washington mendukung penuh Israel dan akan membahas tanggapannya dengan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu.

Baca Juga: Iran Serang Israel, Rudal Hipersonik Petah-1 Tembus Pertahanan Iron Dome

“Serangan itu tampaknya penuh kemarahan dan tidak efektif, dan ini merupakan bukti kemampuan tentara Israel dan militer Amerika,” kata Biden kepada wartawan di Gedung Putih, menurut kantor berita AFP.

“Jangan salah, Amerika Serikat sepenuhnya mendukung Israel,” tambah Biden.

Ketika ditanya oleh wartawan mengenai tanggapannya terhadap Iran, Biden berkata: “Hal ini sedang dibahas secara aktif saat ini. Masih harus dilihat.”

Sementara itu, penasihat keamanan nasional AS Jake Sullivan mengatakan serangan rudal Iran merupakan eskalasi yang serius dan konsekuensinya akan sangat parah.

Setelah itu, Menteri Luar Negeri AS Anthony Blinken mengatakan serangan rudal Iran tidak dapat diterima dan harus dikutuk oleh seluruh dunia.

Blinken mengatakan kepada wartawan: “Israel secara efektif mengalahkan serangan ini dengan dukungan aktif dari AS dan mitra lainnya.

Baca Juga: Iran Serang Israel, Jepang Peringatkan Perang Besar

Juru bicara Pentagon Mayjen Pat Ryder mengatakan Iran menembakkan rudal balistik ke Israel sekitar dua kali lebih banyak pada Selasa (1/10/2024) dibandingkan awal tahun ini.

“Laporan awal menyebutkan bahwa Israel mampu mencegat sebagian besar rudal yang masuk dan hanya ada sedikit kerusakan di darat,” kata Ryder.

Dia juga mengatakan dua kapal perusak AS menembakkan sekitar 12 serangan untuk membantu pertahanan.

Sementara itu, calon presiden dari Partai Republik Donald Trump menggunakannya untuk mengkritik saingannya dari Partai Demokrat, Wakil Presiden Kamala Harris.

Saat kampanye di Waunakee, Wisconsin, Trump mengatakan serangan terhadap Israel tidak akan pernah terjadi jika dia berada di Gedung Putih.

“(Selama kepemimpinan saya) kita tidak mengalami perang di Timur Tengah, tidak ada perang di Eropa, dan keharmonisan di Asia,” tegas mantan presiden tersebut.

Baca Juga: 200 Rudal, Termasuk Rudal Hipersonik, Alasan Iran Menyerang Israel

Serangan rudal Iran ke Israel kali ini terjadi sebulan sebelum pemilihan presiden AS 2024 //www .whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D Pastikan Anda sudah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top