[POPULER OTOMOTIF] Unggahan Viral Kendaraan Dinas Disinyalir Kepala BIN Pakai Hummer EV | Bahaya Menggunakan Rem Tangan Saat Macet di Tanjakan

JAKARTA, virprom.com – Banyak pejabat pemerintah yang menggunakan mobil listrik. Namun mobil listrik yang digunakan petugas ini cukup berbeda.

Diunggah akun Instagram @gudanggipol, Jumat (27/9/2024), terlihat GMC Hummer EV digunakan sebagai kendaraan dinas. Dari plat nomor yang digunakan terlihat ada empat bintang dengan angka 1-00. 

Sayangnya, belum jelas logo instansi mana yang tertera pada nomor plat layanan tersebut. Namun diduga milik Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan.

Selain itu, mengandalkan rem tangan (rem parkir) saat berhenti di tanjakan, terutama saat terjebak macet, kerap dianggap sebagai cara yang aman dan praktis, terutama bagi pengemudi mobil bertransmisi manual.

Namun kebiasaan ini memiliki bahaya yang seringkali tidak disadari terutama pada kondisi stop and go di jalan menanjak. 

Berikut 5 artikel terpopuler di channel mobil pada Sabtu 28 September 2024:

1. Unggahan viral kendaraan dinas memperlihatkan Kepala BIN menggunakan Hummer EV

Hummer EV punya tenaga hingga Tk 830. Kemampuan akselerasi 0-100 kilometer per jam diklaim mampu diraih hanya dalam waktu 3,5 detik.

Sedangkan jarak tempuhnya konon bisa mencapai 500 km. Menariknya, atapnya bisa dilepas sehingga memberikan pemandangan tak terbatas. Lampu depannya juga tak kalah menarik karena bisa juga menjadi indikator baterai.

Baca juga: Viral Unggahan Kendaraan Dinas, Diduga Kepala BIN Gunakan Hummer EV

2. Bahaya menggunakan rem tangan saat terjebak di tanjakan

Menurut pendiri Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), Sony Susmana, penggunaan rem tangan sebenarnya hanya dirancang untuk fungsi parkir dan bukan untuk menghentikan kendaraan di jalan.

Baca juga: Bahaya Gunakan Rem Tangan Saat Terjebak di Tanjakan

3. Kebiasaan pengemudi mobil manual yang menyebabkan kopling cepat aus

Mengendarai mobil dengan transmisi manual memerlukan pengoperasian pedal kopling untuk mengontrol pergantian gigi dan menjaga kelancaran akselerasi.

Namun masih banyak pengemudi yang salah mengoperasikan pedal kopling sehingga tanpa disadari dapat mempercepat keausan lapisan kopling.

Baca juga: Kebiasaan Pengendara Mobil Manual yang Menyebabkan Kopling Cepat Aus

4. Kebiasaan pengemudi mobil manual membuang-buang bensin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top