Houthi Susul Iran Serang Israel, Tembakkan Rudal Jauh ke Dalam Sasaran

SANA, virprom.com – Kelompok Houthi Yaman menembakkan rudal jelajah jauh ke pos terdepan Israel pada Rabu (10/02/2024) menyusul serangan Iran terhadap musuh bersama mereka.

Sebelumnya, Iran menembakkan serangkaian rudal ke Israel pada Selasa (10 Januari 2024) malam.

“Pasukan rudal angkatan bersenjata Yaman melakukan operasi militer yang menargetkan posisi militer di dalam entitas Zionis (Israel) di wilayah pendudukan Palestina dengan tiga rudal jelajah Quds 5,” kata Houthi, dikutip kantor berita AFP.

Baca Juga: Iran Serang Israel, Rudal Hipersonik Fattah-1 Tembus Pertahanan Iron Dome

“Rudal tersebut berhasil mencapai sasarannya, meskipun musuh tetap bungkam tentang hasil operasi tersebut.”

Tidak diketahui secara pasti kapan Houthi menyerang Israel, dan belum ada komentar resmi dari Israel.

Pekan lalu, kelompok Houthi mengatakan mereka menembakkan roket ke Bandara Ben Gurion di Tel Aviv, yang memicu serangan udara Israel di Yaman yang dilanda perang, termasuk pelabuhan penting Hodeidah.

Baca Juga: Iran Serang Israel, Jepang Peringatkan Terjadi Perang Besar

Kelompok Houthi, yang menguasai sebagian besar wilayah Yaman selama satu dekade terakhir, merupakan bagian dari “poros perlawanan” yang didukung Iran terhadap Israel dan Amerika Serikat.

Sejak November 2023, mereka menyerang kapal-kapal di sepanjang pantai Laut Merah dan Teluk Aden sebagai bentuk solidaritas terhadap Palestina saat perang Israel-Hamas di Gaza.

Baca juga: Alasan Iran Serang Israel, Lancarkan 200 Rudal, Termasuk Rudal Hipersonik. Dengarkan berita terkini dan pilihan berita kami langsung ke ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top