Kalkulator Lawas Dimodifikasi, Bisa Akses Internet dan ChatGPT

virprom.com – Seorang YouTuber yang menjalankan saluran ChromaLock memodifikasi kalkulator konvensional menjadi perangkat yang lebih canggih.

Kalkulator telah dimodifikasi sehingga dapat terhubung ke Internet dan ditambahkan fitur lainnya, salah satunya ChatGPT.

ChatGPT telah ditambahkan untuk membantu melakukan perhitungan yang lebih kompleks dengan kecerdasan buatan (AI), yang tidak dapat dilakukan oleh kalkulator tradisional.

Kalkulator yang menjadi komponen proyek ChromaLock adalah TI-84, kalkulator grafik yang dikembangkan pada tahun 2004 oleh Texas Instruments Company. Fitur-fiturnya cukup beragam, antara lain pecahan, persamaan, dan perhitungan geometri.

Baca Juga: Apple Rilis Aplikasi Kalkulator di iPad Setelah 14 Tahun, Fitur Catatan Matematika

Dalam video berjudul “Saya Membuat Alat Kecurangan Terbaik”, dia menjelaskan proses konversinya.

Untuk melakukan perubahan, ChromaLock memerlukan perangkat keras dan perangkat lunak tambahan yang dikembangkan sendiri.

Perangkat lunak yang ia rancang, ia unggah ke GitHub, sebuah platform pengembangan perangkat lunak, terutama untuk menyimpan, mengelola, dan berbagi kode sumber. Platform ini dapat diakses secara bebas oleh pengembang terbuka.

Di GitHub, perangkat lunak disimpan dalam repositori TI-32 dengan deskripsi “Mod untuk (kalkulator) TI-84 Plus Silver Edition dan TI 84 Plus Silver Edition untuk memberi mereka akses Internet dan menambahkan berbagai fitur seperti mode uji coba dan kamera. mendukung”

Meski tidak menyebutkan ChatGPT, namun software ini juga dapat digunakan untuk menambahkan fitur tersebut pada kalkulator seri TI-84 Plus.

Dari segi hardware, ia menambahkan mikrokontroler yang merupakan chip terintegrasi yang berisi CPU, RAM, ROM dan komponen internal lainnya.

Mikrokontroler ini dapat mengolah sinyal digital, merespon masukan pengguna dan memberikan sinyal keluaran sesuai dengan program yang tertanam di dalamnya. Mikrokontroler ini harus berukuran sekecil mungkin agar dapat dimasukkan ke dalam badan kalkulator, tanpa merusak komponen lainnya.

Jadi mikrokontroler yang digunakan adalah Seed Studio XIAO-ESP32-C3, yang kemudian dihubungkan ke papan sirkuit yang dirancang sendiri.

Agar kalkulator yang dimodifikasi ini berfungsi, ia menambahkan resistor 1K antara mikrokontroler dan port tautan untuk mengatur tegangan.

Setelah proses konversi selesai, dia mendemonstrasikan kehebatan kalkulator modifikasinya. Kalkulator lama tampaknya memiliki fungsi chat, tampilan gambar monokrom, dan jendela input chatgpt.

Baca Juga: 2 Link Kalkulator Kesehatan Mental Online yang Sedang Trending di TikTok Saat Ini

Selain itu, kalkulator ini juga dapat digunakan untuk browsing, email, bermain game “Snake”, dan mengakses Discord. Namun tentu saja tidak semudah menggunakan smartphone karena antarmuka (UI) yang sangat mudah diakses.

Ia juga mendemonstrasikan kemampuan GPT untuk memecahkan masalah matematika yang kompleks, hanya dengan memasukkan prompt, seperti saat kita menggunakan chatbot AI ChatGPT.

Kemampuan TI-84 versi modifikasi ini tentu menarik, namun rawan penyalahgunaan cheat, terutama di lingkungan akademik.

ChromaLock menegaskan mereka tidak mendukung “ketidakjujuran” di dunia akademis, seperti dihimpun KompasTekno dari Tom’s Hardware, Senin (30/1/2024).

Perubahan ini hanya untuk tujuan pendidikan. Untuk melihat kemampuan kalkulator modifikasi ini, Anda dapat menonton video ChromaLock berikut.

Dengarkan berita terkini dan berita pemilu kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top