Penderita Diabetes Konsumsi Gula Berlebihan, Apa yang Akan Terjadi?

virprom.com – Jika Anda menderita diabetes dan sembarangan mengonsumsi gula, Anda mudah mengalami hiperglikemia dan berisiko tinggi mengalami komplikasi penyakit.

Penderita diabetes perlu mengontrol asupan gula karena kadar glukosanya sudah sangat tinggi.

Menurut Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, seseorang didiagnosis menderita diabetes jika kadar gula darah puasanya 126 mg/dL atau lebih tinggi.

Baca juga: Apa yang Harus Dilakukan Penderita Diabetes Jika Terlalu Banyak Mengonsumsi Gula?

Jika Anda terus mengonsumsi kadar gula tersebut, kadarnya bisa mencapai tingkat yang sangat tinggi. Ini disebut hiperglikemia.

Jika kondisi ini tidak ditangani, kadar gula yang sangat tinggi pada akhirnya dapat merusak berbagai bagian tubuh, seperti saraf, otak, dan ginjal pada penderita diabetes.

Lanjutkan membaca artikel ini yang menunjukkan bagaimana hiperglikemia terjadi pada penderita diabetes dan berbagai cedera fisik yang dapat terjadi sebagai komplikasinya.

Baca Juga: Tantangan 30 Hari Tanpa Gula Tambahan, Apa Jadinya? Hiperglikemia pada pasien diabetes

Penderita diabetes bisa mengalami hiperglikemia setelah mengonsumsi terlalu banyak gula.

Dalam hal pola makan sehat, “hiper” berarti tinggi, sedangkan “glikemia” mengacu pada jumlah glukosa (sejenis gula) dalam darah.

Menurut Mayo Clinic, hiperglikemia biasanya tidak menimbulkan gejala sampai kadar gula darah melebihi 180-200 mg/dL.

Kemudian gejala hiperglikemia berkembang secara perlahan selama berhari-hari atau berminggu-minggu.

Semakin tinggi kadar gula darah, semakin parah gejalanya.

Namun, beberapa penderita diabetes tipe 2 memiliki kadar gula darah tinggi namun tidak mengalami gejala apa pun dalam jangka waktu lama.

Reaksi tubuh setiap orang mungkin berbeda-beda.

Meski tanpa gejala, hiperglikemia jangka panjang, jika tidak parah, dapat merusak berbagai bagian tubuh, termasuk mata, ginjal, saraf, dan jantung.

Baca Juga: 7 Manfaat Mengurangi Gula Dapat Membantu Anda Hidup Sehat Lebih Lama Komplikasi Diabetes Komplikasi Diabetes Jangka Panjang

Mengonsumsi terlalu banyak gula padahal sudah menderita diabetes dapat menyebabkan banyak komplikasi jangka panjang, seperti: penyakit kardiovaskular, kerusakan saraf (neuropati), kerusakan ginjal (nefropati diabetik) atau gagal ginjal, kerusakan pembuluh darah di retina (retinopati diabetik) , kebutaan, masalah kaki yang disebabkan oleh kerusakan saraf atau aliran darah yang buruk dapat menyebabkan infeksi kulit yang serius, bisul, dan terkadang masalah tulang dan sendi, infeksi gigi dan gusi

Baca juga: Bolehkah Penderita Diabetes Makan Gula? Penjelasan ini…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top