Aksi Kamisan Ke-828, Sumarsih Minta Aktivis 98 di DPR Pertahankan Reformasi

JAKARTA, virprom.com – Aktivis HAM sekaligus pendiri Komisi Aksi, Maria Katarina Samarcia, punya pesan khusus untuk aktivis 1998 yang kini duduk di parlemen sebagai anggota DPR RI itu.

Hal itu disampaikan Samarsih pada Kamis (22 Agustus 2024) di depan Istana Negara, Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat saat memperingati Aksi Komisi ke-828.

Mudah-mudahan Anda benar-benar wakil rakyat, termasuk banyak anak-anak tahun 1998 di DPR yang seharusnya menjadi anak-anak tahun 1998, dan membela reformasi dan demokrasi yang diperjuangkan pada tahun 1998, kata Samarseeh.

Baca Juga: Raza Rahdian Ikut Aksi Kamis ke-828 di Depan Istana Merdeka

Samar Seeh, ibu dari Norma Armawan alias Wawan, mahasiswa Atma Jaya yang menjadi korban tragedi Seemangi I, mewanti-wanti para aktivis 1998 tersebut agar tidak menjadi partai politik untuk mempertahankan kekuasaan.

“Jangan jadikan partai politik sebagai sumber korupsi, kolusi, dan nepotisme,” kata Samarseeh.

Ia kembali menegaskan, kampanye Kamisan merupakan sebuah proses yang datang dari hati.

“Kami datang ke sini untuk mengkritisi kebijakan pemerintah yang tidak ramah rakyat. Kami tidak hanya membicarakan kasus-kasus pelanggaran HAM berat, tapi minggu lalu masyarakat Rampang juga datang ke sini. Mereka bilang, “Di sini tinggal masyarakat Kanjurohan. .

Selain Kamisan, berbagai lapisan masyarakat baik buruh, mahasiswa, aktivis, hingga para profesor hari ini menggelar aksi unjuk rasa di beberapa tempat di Indonesia.

Baca juga: Aktivis dan Guru Besar Ucapkan Sumpah Rakyat Indonesia di Depan Gedung Mahkamah Konstitusi

Aksi “Peringatan Darurat” dan #KawalPutusanMK ini merupakan respons atas penolakan DPR RI terhadap putusan Mahkamah Konstitusi tentang syarat calon kepala daerah pada Pilkada 2024.

Usman Hamid, direktur eksekutif Amnesty International Indonesia, mengatakan bahwa operasi komisi ini mempunyai konteks yang lebih besar saat ini.

“Kampanye Kamisan semakin hari semakin penting,” kata Usman dalam sambutannya pada kampanye Kamisan.

Sebelum aksi KPK, Usman juga aktif di depan Gedung MK hari ini. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top