Inikah Tanda-tanda Smartphone Merek Nokia Akan Punah?

virprom.com – Ponsel pintar bermerek Nokia masih beredar di pasaran hingga saat ini. Namun, kemungkinan besar smartphone merek Nokia akan semakin tergerus di masa depan.

Pasalnya, Human Mobile Devices (HMD) Global, perusahaan pemegang lisensi merek ponsel “Nokia”, nampaknya semakin mengutamakan mereknya sendiri, “HMD”.

Di sisi lain, perusahaan yang sudah beberapa tahun lekat dengan Nokia ini perlahan melepas merek Nokia untuk smartphone besutannya.

Indikasinya muncul dari situs resmi HMD yang tidak lagi menampilkan smartphone Nokia. Hal ini terjadi di situs resmi HMD, khususnya di benua Eropa seperti Inggris, Italia, Belanda dan lain-lain.

Berdasarkan pantauan KompasTekno, perangkat merek Nokia yang tak lagi dipajang adalah ponsel pintar alias smartphone, bukan feature phone.

Baca juga: 7 Smartphone HMD Pertama Tanpa Merek Nokia

Saat membuka tab smartphone di berbagai situs resmi HMD Eropa, Anda hanya melihat deretan smartphone bermerek HMD.

Di sebelah tab “smartphone”, terdapat tab “feature phone” yang menampilkan daftar feature phone yang diproduksi oleh HMD. Nah, di sini kita masih melihat ponsel bermerek Nokia dan HMD di situs HMD Eropa.

Dengan kata lain, HMD sepertinya sudah mulai meninggalkan merek Nokia hanya untuk smartphone, bukan ponsel sama sekali.

Di luar Eropa, situs HMD di kawasan lain, termasuk Asia, Afrika, dan Timur Tengah serta internasional, masih memiliki katalog produk lengkap dari merek HMD sendiri dan dari Nokia.

Namun, bukan tidak mungkin perusahaan asal Finlandia ini juga menerapkan praktik yang sama seperti di atas di wilayah luar Eropa.

Sementara itu, HMD sudah mempromosikan produk brandednya sejak awal tahun ini. Meskipun demikian, HMD tetap mempertahankan dan menjual produk bermerek Nokia. Halaman dukungan perusahaan juga menyatakan dukungan untuk ponsel Nokia saat ini.

Dengan cara ini, HMD juga mengelola dua merek produk, termasuk merek HMD sendiri dan Nokia. 

Baca Juga: Tablet HMD T21 Dirilis, Spesifikasi Mirip Nokia T21

Sementara terkait hilangnya smartphone Nokia di situs perusahaan, khususnya di Eropa, HMD belum memberikan tanggapan, seperti dihimpun KompasTekno dari GSM Arena, Selasa (1/10/2024). Kami telah membuat ponsel Nokia sejak 2016

HMD pertama kali membuat ponsel bermerek Nokia pada akhir tahun 2016, dengan ponsel Nokia 150 dan 150 Dual SIM.

Perusahaan juga memperkenalkan smartphone bermerek Nokia, yakni Nokia 6 pada awal tahun 2017. Untuk merebut hati pengguna, HMD pun membeli merek PureView dari Microsoft pada tahun 2018.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top