PDI-P Siap Maju Pilkada Jakarta Sendiri Tanpa Koalisi

JAKARTA, virprom.com – PDI-P mengaku tidak ada rasa takut meski partai-partai yang akan membentuk pemerintahan koalisi di Pilkada Jakarta 2024 tidak bersatu. Calon kepala daerah.

Ketua DPP PDI-P Dedi Sitrus semuanya sepakat bahwa PDI-P ingin bekerja sama dengan parpol lain, namun karena Mahkamah Konstitusi memutuskan menerima hal tersebut, ia menyatakan siap mengusung calonnya sendiri di Pilkada.

“Lebih baik berteman dengan orang sebanyak-banyaknya. Tapi kalau ada yang tidak mau bersama kita, kita siap sendiri. Kita sedang berpikir untuk membangun hubungan dengan orang-orang,” kata Dedi kepada PDI- Kantor DPP P, Jakarta, Selasa (20 Agustus 2024) malam.

Baca juga: Tanggapan PDI-P dan PKS terhadap KIM Plus Usai Kriteria Jangka Pendek Calon Pilkada MK

Dedi menilai masyarakat Jakarta ingin demokrasi tetap berjalan dan calon kepala daerah banyak.

Menurut dia, oligarki hanya membutuhkan satu pasang calon wali kota setempat untuk bisa ikut pemilukada.

Karena masyarakat Jakarta ingin menjaga demokrasi dan memberikan mereka anggaran dan banyak pilihan, kata Dedi.

“Oligarki politik hanya butuh satu (teman). Itu hanya kotak kosong,” lanjutnya.

Rencananya, PDI Perjuangan akan mengumumkan calon gubernur Jakarta pada Sabtu (24 Agustus 2024).

Baca juga: MK Ubah Kriteria Calon Pilkada, PDI-P: Ini Keajaiban

Sebagai referensi, setelah Mahkamah Konstitusi mengubah undang-undang pemilukada, PDI-P bisa mengklaim calon gubernur Jakarta tanpa harus beraliansi dengan partai politik lain.

Pasca putusan Mahkamah Konstitusi, ambang batas jabatan gubernur Jakarta diturunkan menjadi 7,5 persen, dan PDI-P berhak mencalonkan pemenang tanpa beraliansi dengan kelompok lain.

Sebelumnya, pintu PDI Perjuangan untuk bertarung di Pilkada Jakarta 2024 tertutup ketika 12 parpol lainnya bersatu mendukung Ridwan Kamil Susuwono. Dengarkan berita dan cerita terkini langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda dan kunjungi saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top