Jokowi Resmikan Produksi Smelter Freeport di Gresik, Investasi Capai Rp 56 Triliun

GRESIK, virprom.com – Presiden Joko Widodo hari ini (23/9/2024) Senin (23/9/2024) meresmikan fasilitas pengolahan dan pemurnian (logam) PT Freeport Indonesia (PTFI) yang berlokasi di Kawasan Ekonomi Khusus JIIPE di Gresik , Jawa Timur. .

Sore ini saya ucapkan Bismillahhirrahmanirrahim, saya membuka smelter PT Freeport Indonesia di Kabupaten Gresik, Jawa Timur, kata Jokowi saat membuka acara, Senin.

Kepala Negara mengatakan 56 miliar euro akan dikeluarkan untuk pembangunan fasilitas fusi ini.

Baca Juga: Jokowi berharap smelter Freeport di Gersik bisa menghasilkan 40-50 ton emas setahun di Indonesia.

Maka ia tidak heran jika pembicaraan dengan CEO Freeport-McMoran Richard S. Adkerson pada tahun 2017 tentang smelter Freeport di Indonesia saat itu sulit dilakukan.

“Karena saya tahu itu investasi yang besar, Rp 56 triliun itu bukan jumlah yang kecil, uang yang banyak sekali, sehingga perusahaan perlu menghitung, perusahaan perlu menghitung efisiensi pembangunan rumah fusion seperti itu.” katanya

Jokowi mengungkapkan luas stasiun fusi ini mencapai 104 dunam. Persiapan konstruksi dimulai pada tahun 2018 dan selesai 30 bulan kemudian.

Sementara itu, smelter baru PTFI telah berhasil memproduksi 1,7 juta ton konsentrat tembaga yang dibawa dari Papua ke Gersik dengan nilai investasi Rp56 triliun.

Baca juga: Freeport Metals Akan Dibuka Juni, Presiden Jokowi Sebut Akan Serap 20.000 Tenaga Kerja Muda.

Selain memproduksi 900.000 tembaga katoda, smelter PTFI juga memproduksi lumpur anoda yang kemudian dimurnikan menjadi logam emas, perak batangan, dan platina (PGM) di Pabrik Pengilangan Logam Mulia (PMR).

Hasilnya, tembaga katoda sebanyak 900.000 ton, emas sekitar 50 ton, dan perak sebanyak 210 ton, kata Jokowi.

Ia juga berharap dengan dibangunnya smelter ini segera melahirkan industri tembaga dan industri lainnya di sekitar PT Freeport di Indonesia.

“Sudah ada yang mulai memproduksi foil tembaga. Setelah itu, pabrik kabel dan industri lainnya akan datang ke negara kita, termasuk produksi semikonduktor, seperti yang dikatakan Pak Eric Tohir tentang selenium, yang juga diproduksi oleh industri tembaga.” jelas Jokowi.

Baca Juga: Dubes RI Diundang Kunjungi Proyek Metal Freeport, Ada Apa?

Acara pelantikan tersebut dihadiri oleh Menteri BUM Eric Tohir, Menteri ESDM Hilil Lahadalia, dan Menteri Investasi Rosen P. Ruslani, Gubernur Papua Tengah Rebecca Hallock, Ketua Dewan (Chairman) Freeport-McMoran Richard C. Adkerson, CEO Freeport-McMoran Kathleen L virprom.com Saluran WhatsApp Saluran Berita Favorit: https://www.whatsapp.com/channel/ 0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top