Waktu yang Tepat Ganti Oli Mesin Skutik

SOLO, virprom.com – Penggantian oli mesin kendaraan bertransmisi otomatis (skuter) merupakan salah satu langkah penting dalam menjaga performa dan umur kendaraan.

Oli motor berkualitas melumasi bagian-bagian mesin, mengurangi gesekan dan mencegah panas berlebih.

Oleh karena itu, mengganti oli mesin sangatlah penting, karena oli yang digunakan dalam jangka waktu lama akan kehilangan kualitasnya. Selain itu, bahan aditif akan menguap, manfaat minyak pelumas pun menjadi tidak optimal lagi.

Baca Juga: Waspada Pencurian Sepeda Motor Berkedok Penagihan Utang

Andre, pemilik bengkel Dhinata Jaya, mengatakan penggantian oli mesin skutik bisa dilakukan setiap 1.500-2.000 km.

“Penggantian oli mesin matic aman dilakukan setiap 1.500 hingga 2.000 km, karena oli mesin adalah yang terpenting,” kata Andre kepada virprom.com, Kamis (15 Agustus 2024).

Sementara itu, Edi, Kepala Bengkel Honda AHASS Kalioso, Karanganyar, mengatakan penggantian oli bisa dilakukan setiap 2.000 km.

Baca juga: PO Widji Lestari Luncurkan Bus Wisata Baru dengan Warna Baru

“Jika terlambat diganti, akibatnya suku cadang mesin lebih cepat aus, suara mesin menjadi lamban, dan muncul asap putih di knalpot atau knalpot,” ujarnya.

Penggantian oli mesin skutik yang tepat waktu tentunya akan berdampak positif terhadap performa mesin kendaraan dan mencegah kerusakan pada komponen-komponennya. Dengarkan kumpulan berita dan berita terkini kami langsung ke ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top