Lemhannas Yakin Prabowo Lanjutkan Jokowi Perjuangkan Kepentingan Indonesia dan Kawasan Indo-Pasifik

JAKARTA, virprom.com – Pakar Hubungan Diplomatik Pusat Ketahanan Nasional, Edy Prasetyono, meyakini Presiden terpilih Prabowo Subianto akan melanjutkan langkah Presiden Joko Widodo dalam memperjuangkan kepentingan Indonesia dan kawasan Indo-Pasifik.

Keyakinan tersebut, kata Edy, salah satunya berasal dari beberapa kunjungan ke negara-negara kawasan yang dilakukan Prabowo saat menjabat Menteri Pertahanan.

“Dan saya kira banyak sinyal yang dikirimkan, bahkan sebelum dia resmi jadi presiden, (Prabowo) rutin berkunjung. Ya di Amerika, di Rusia, di Prancis, di semua negara Asia,” ucapnya saat ditemui. ditemui di Jakarta, Rabu (25/9/2024) usai menghadiri pertemuan “Jakarta Geopolitik Forum VIII/2024”.

Baca juga: Lapangan Kerja Pertama Jatuh Bagi Investor Asing, Jokowi: IKN Sangat Menarik Untuk Investasi

Edy menilai langkah tersebut sangat baik dan menunjukkan bahwa Indonesia siap tampil di berbagai forum internasional, demi memperjuangkan kepentingan kawasan.

Meski demikian, dia mengakui terdapat perbedaan pendekatan yang akan diambil oleh Prabowo ke depan terkait posisi Indonesia dalam organisasi geopolitik yang bebas beroperasi.

Bedanya yang dimaksud, Prabowo menggunakan sistem global, sedangkan Jokowi menggunakan sistem budaya.

Jadi menurutku (akan berbeda) dari segi gaya ya, kata Edy.

Baca juga: Prabowo: Kami Selalu Ingin Lakukan Pendekatan untuk Selesaikan Konflik

Edy dulu memperkirakan Presiden Jokowi memperjuangkan pembangunan perekonomian negara selama 10 tahun masa kepemimpinannya.

Hal itu diungkapkan Edy setelah awak media bertanya apakah Presiden Jokowi sudah menempatkan status Indonesia di mata dunia.

Edy menjelaskan, dalam 10 tahun masa kepemimpinannya, Presiden Jokowi menilai pembangunan ekonomi adalah hal terpenting yang harus dilakukan.

Saya kira Pak Jokowi sangat berimbang dalam menentukan posisi politik di Indonesia. Dan selalu berusaha memenuhi banyak kebutuhan, kata Edy.

“Tetapi yang terpenting, apa yang beliau sampaikan selama 10 tahun ini adalah kepentingan Indonesia. Kepentingan Indonesia yang paling penting adalah pembangunan ekonomi,” ujarnya. Dengarkan berita dan pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk bergabung dengan saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top