Mark Rutte Mulai Bertugas Jadi Sekjen NATO Gantikan Stoltenberg, Ini 3 Prioritasnya

BRUSSELS, virprom.com – Mantan Perdana Menteri Belanda Mark Rutte mengambil alih jabatan Sekretaris Jenderal NATO yang baru pada Selasa (10/1/2024) ini.

Ia menggantikan Jens Stoltenberg dari Norwegia, yang memimpin aliansi tersebut selama sepuluh tahun.

Dalam acara serah terima tersebut, Rutte mengaku memiliki tiga prioritas sebagai Sekretaris Jenderal NATO.

Baca juga: Uji Coba Sistem Anti Drone, Ukraina Ikut Latihan Gabungan NATO

Pertama, dia ingin mempertahankan kekuatan NATO dan memastikan efektivitas dan keandalan pertahanan sekutu terhadap segala ancaman.

Prioritas kedua adalah meningkatkan dukungan terhadap Ukraina dan mendekatkannya pada NATO, karena tanpa Ukraina yang kuat dan mandiri tidak akan ada keamanan jangka panjang di Eropa, ujarnya.

Prioritas Rutte berikutnya selama masa jabatannya adalah memperkuat kemitraan NATO dengan Uni Eropa dan negara-negara di seluruh dunia yang memiliki kepentingan dan nilai-nilai yang sama.

Sebelumnya, dalam pertemuan langsung dengan Stoltenberg, Rutte mengatakan bahwa misi utama NATO adalah “kami membela rakyat kami, negara kami dan tentu saja nilai-nilai kami” tanpa perubahan. 

“Kita harus memastikan kemenangan Ukraina sebagai negara yang berdaulat, mandiri dan demokratis,” katanya, seraya menegaskan bahwa NATO akan memperkuat pertahanan kolektifnya, Anadolu mengutip pernyataannya.

Selain itu, baik Stoltenberg maupun Rutte menyatakan keprihatinannya atas eskalasi di Lebanon dan mengharapkan perdamaian di wilayah tersebut.

Pada bulan Juni, NATO mengumumkan bahwa Rutte, 47, telah secara resmi dikukuhkan sebagai kepala aliansi militer, menggantikan Jens Stoltenberg, yang masa jabatannya diperpanjang karena perang di Ukraina.

Baca juga: AS menyetujui penjualan 35 jet tempur F-35 ke negara NATO, Rumania

Rutte menjadi kandidat tunggal setelah Presiden Rumania Klaus Iohannis mengundurkan diri dari pencalonan.

Pada Juli 2023, sekutu NATO setuju untuk memperpanjang mandat Stoltenberg yang berusia 65 tahun satu tahun lagi hingga 1 Oktober 2024.

Stoltenberg telah menjadi Sekretaris Jenderal NATO ke-13 sejak 2014.

  Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top