HUT Ke-79 RI: Mulai dari Harapan Jokowi hingga Spanduk “Indonesia Not For Sale” di Dekat IKN

Jakarta, virprom.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi), Presiden terpilih Prabowo Subianto dan pejabat lainnya menggelar upacara peringatan HUT ke-79 Republik Indonesia di ibu kota nusantara (IKN), Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur , Sabtu (17/8/2024). Sekitar 1.300 orang diundang langsung ke wilayah Istana Negara IKN.

Pada acara tersebut, Jokowi mengenakan pakaian adat Kustin saat memimpin upacara yang digelar untuk mengungkap momen.

“Baju Adat Presiden dan Ibu Negara pada Upacara Pemberitaan Tahun 2024 merupakan Baju Adat Indonesia yang terinspirasi dari Baju Adat Kesultanan Kartanegara di Martadipura de Kuta, Kustin,” ujar pembawa acara usai Red dan. Upacara pengibaran bendera putih sukses dilaksanakan pada hari Sabtu.

Baca juga: Listrik Padam di HUT RI Berkat Sistem Monitoring Digital di IKN

Sementara itu, Presiden terpilih Prabowo terlihat mengenakan pakaian adat Jawa. Menteri Pertahanan mengenakan bescap hitam yang dilengkapi tudung atau udeng.

Beberapa menteri juga mengenakan pakaian adat saat merayakan HUT ke-79 Republik Indonesia kemarin.

Menteri Perhubungan Budi Kariya Sumadi misalnya, mengenakan pakaian adat Palembang dengan topi khasnya, tanjak sultan.

Sementara Mensesneg Pratikno mengenakan pakaian adat maluku, baju sele, berwarna merah putih. Kain tenun pada sisi kanan dan kiri baju tampak terlihat lebih berwarna.

Baca juga: RI Syukur Upacara HUT ke-79 di IKN Berjalan Lancar, Jokowi: Cuaca Mendukung

Upacara HUT ke-79 digelar di dua lokasi yakni Istana Negara IKN dan Istana Merdeka Jakarta.

Wakil Presiden (Wapres) Maruf Amin memimpin upacara HUT ke-79 Republik Indonesia di Istana Merdeka.

Harapan Jokov

Melalui akun resmi media sosial X, Presiden Jokowi menjelaskan tema HUT ke-79 Republik Indonesia yaitu “Nusantara Baru, Indonesia Tinggi”.

Menurut Presiden, hal tersebut merupakan awal dari tiga transisi besar di Indonesia. Tiga diantaranya adalah menyambut ibu kota baru, pergantian kepemimpinan, dan mempersiapkan Indonesia Emas 2045.

Mantan Wali Kota Surakarta ini pun mengungkapkan rasa syukurnya ketika upacara di IKN dan Jakarta berjalan dengan lancar.

Upacara tahun ini menjadi yang pertama di ibu kota nusantara, melambangkan transisi menuju Indonesia yang lebih berorientasi pada Indonesia. Mari kita bawa kemajuan ke seluruh pelosok negeri, kata Jokowi.

Baca Juga: Makna Gambar Permen Karet yang Dipakai Wapres Maruf Amin Saat Upacara HUT RI ke-79

Jokowi pun menyampaikan pesan kepada Prabowo yang sedang menyerahkan tongkat estafet.

Jokowi mengatakan Indonesia adalah negara yang besar, sehingga pembangunan harus merata dan tidak hanya fokus di Pulau Jawa. Oleh karena itu, pembangunan harus merata di seluruh Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top