Jokowi Resmikan “Flyover” dan Jembatan Senilai Rp 2,1 Triliun di Jawa Timur

Jakarta, virprom.com – Presiden Joko Widodo meresmikan beberapa proyek infrastruktur di Jawa Timur pada Jumat (06/09/2024). jalan layang dengan total anggaran Rp2,1 triliun; Pembukaan infrastruktur tersebut meliputi puluhan jembatan dan jalan.

Bismillahirrahmanirrahim, Jalan Layang Juanda, 9 jembatan pengganti Callender-Hamilton, dan 11 jalan daerah di Provinsi Jawa Timur yang dibangun sesuai arahan presiden telah dibuka, kata Jokowi dalam tayangan YouTube dari Kantor Presiden, Jumat.

Baca juga: 34 proyek infrastruktur KPBU siap dilaksanakan tahun depan

 

Kepala Negara menjelaskan, pembangunan flyover Juanda yang dibangun pada 2022 menelan biaya Rp363 miliar.

Sementara itu, penggantian 9 Jembatan Callender-Hamilton dengan total panjang 797 meter akan menelan biaya Rp1,4 triliun.

Jembatan ini menghubungkan delapan kabupaten/kota Provinsi Jawa Timur, Kediri, Kota Blitar, Kabupaten Tulungagung, Kabupaten Pasitan Trenggalek, Kabupaten Bohonegoro, Kota Jember, dan Kabupaten Banyuwangi.

Sedangkan 11 ruas jalan sepanjang 66 km menelan biaya jalan daerah sebesar Rp 379 miliar.

“Didistribusikan di 8 kabupaten/kota di Jawa Timur di Kabupaten Pamekasan, Sampang, Sumenep, Pasuruan, Jombang, Gresik, Lamongan Sidoarjo,” ujarnya.

Baca juga: Jokowi Buka RS Kemenkes Surabaya dengan Anggaran Rp 2 Triliun.

Jokowi mengatakan, pembangunan tersebut bertujuan untuk meningkatkan konektivitas dan memberikan kelancaran mobilitas masyarakat.

Dengan cara ini, biaya transportasi akan lebih rendah dan efisien. Perekonomian masyarakat setempat juga semakin meningkat.

“Jalan layang yang saya sebutkan tadi Dengan perbaikan infrastruktur pengoperasian jembatan dan jalan, maka pergerakan orang dan barang di Jawa Timur akan lancar; Kami yakin daya saing dan pertumbuhan ekonomi juga akan meningkat,” jelasnya. Dengarkan berita bagus dan pilihan berita kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top