Kerja Sama PSSI dan KNVB, Saat Marc Klok Jadi Penghubung Dua Negara…

virprom.com – Federasi Sepak Bola Indonesia PSSI dan Federasi Sepak Bola Belanda KNVB bekerja sama untuk meningkatkan kemajuan sepak bola Indonesia. 

Pada Rabu, 25 September, kedua belah pihak menandatangani perjanjian di Jakarta. 

Presiden Jenderal PSSI Erik Tahir juga menerima perwakilan Sekjen KNVB Gijs de Jong, Michael van der Star, Direktur Program Internasional dan Pelatih Dunia, serta Ruud van der Sar, Direktur Pemasaran Kemitraan Baru. 

Secara keseluruhan, tujuan kerja sama ini adalah untuk meningkatkan kualitas dan pengalaman timnas Indonesia di semua kelompok umur, baik putra maupun putri. 

Baca juga: PSSI gandeng KNVB untuk tingkatkan kemajuan sepakbola Indonesia

Pemain nasional Indonesia Mark Klok pun ikut memberikan dukungan. Ia menjelaskan hubungan baik antara kedua jemaah.

Tujuannya adalah mengembangkan sepak bola Indonesia dari tingkat akar rumput, dengan rencana program pelatihan bagi para pelatih dan persahabatan internasional di kalangan generasi muda.  

Klok mengatakan, “Ada pertemuan antara PSSI dan KNVB, yang mana ditandatangani kerja sama untuk saat ini dan masa depan.” 

“Untuk mengembangkan sepak bola di level senior dan junior, mendidik anak-anak dan memberikan struktur pada tim. Memberikan kesempatan kepada anak-anak untuk bermain sepak bola,” kata Cloke. 

Jadi banyak yang sedang kita kaji rencana dan waktunya, termasuk pertandingan dengan senior atau timnas putri. Pertandingan persahabatan internasional untuk remaja, mungkin Indonesia, tim bisa berangkat. Belanda juga berlatih di sana,” ujarnya. 

Baca juga: PSSI Berwenang Berikan Sanksi Terhadap Pelanggaran PSSI

Karya Cloke akan menjadi jembatan antara kedua negara, karena Mark Cloke hebat dan meraih kesuksesan di kedua negara. 

Mark Klok belajar di kancah sepak bola Belanda sejak usia muda dan melanjutkan karirnya sebagai pesepakbola, lulus dari akademi FC Utrecht. 

Ia berkiprah di Liga Indonesia musim 2017, bergabung dengan PSM Makassar, Persija Jakarta, dan kini Persib Bandung. 

Ia memutuskan menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) dan memperkuat timnas Indonesia pada tahun 2022.

“Pekerjaanku ada di balik itu. Aku merencanakan pertemuan antara mereka berdua dengan rekanku di perusahaanku, kami menjalin hubungan, menciptakan ide, dan dari ide ini, pada akhirnya, menjadi jelas, karena kedua belah pihak menunjukkan ketertarikan padanya.” Dia berkata. kata Cloke. 

“Tugas saya di sini adalah menjembatani kedua negara, karena ini pengalaman saya di dua negara, dulu di Belanda dan sekarang di Indonesia,” ujarnya. 

“KNVB sangat senang saya berada di sini bersama mereka dan membantu mereka, melakukan semua yang saya bisa dan memberikan pendapat saya,” katanya. 

Baca Juga: Timnas Indonesia Naik Peringkat FIFA, Bukti Pentingnya PSSI

Pemain berusia 31 tahun itu berharap melalui kerja sama ini, sepak bola di Indonesia terus melahirkan talenta-talenta hebat seperti Belanda. 

“Mudah-mudahan di level bawah di Indonesia bisa berkembang dan Indonesia bisa melahirkan talenta-talenta hebat seperti Belanda pada 10-15 lalu,” harap Klok. 

Jadi mengharumkan nama Indonesia dan mungkin akan ada anak-anak yang lahir di Indonesia dan bermain di Liga Inggris atau lainnya, ujarnya.  Dengarkan berita dan pilihan terbaru kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran pesan favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan aplikasi WhatsApp sudah terinstal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top