Timnas Putri Indonesia Akan Tantang Belanda Sang Finalis Piala Dunia 2019

virprom.com – Timnas Wanita Indonesia akan melakoni laga persahabatan melawan tim papan atas dunia, Belanda.

Pengumuman itu disampaikan Ketua Eksekutif PSSI Erick Thohir dan Anggota Exco PSSI Vivin Cahyani dalam jumpa pers, Sabtu (21/9/2024).

Pertandingan ini akan berlangsung pada pertandingan FIFA Matchday bulan depan, pada 25 Oktober 2024 di Belanda.

Timnas Wanita Belanda merupakan tim kuat di level internasional. Mereka telah tampil di empat edisi Piala Wanita Eropa dan memenangkannya pada tahun 2017.

Selain itu, tim bernama Leeuwinnen sudah tiga kali lolos ke Piala Dunia Wanita dan mencapai final pada edisi 2019. 

Laga tersebut merupakan bagian dari Training Camp Garuda Pertiwi di tiga negara, Jepang, Belanda, dan Yordania sebagai persiapan Piala Wanita AFF (Piala Asean) tahun ini yang digelar pada November 2024.

Para pemain akan berangkat ke Jepang pada 24 September 2024 dan berlatih di 4-5 kota berbeda serta melakoni tujuh laga persahabatan.

Baca Juga: Hasil Tes Nasional Putri, Garuda Pertiwi kalah 1-4 dari Hong Kong

Usai TC di Jepang, timnas putri India yang dilatih pelatih Jepang Satoru Mochizuki akan bertolak ke Belanda untuk melakoni matchday FIFA melawan tim putri Belanda.

“Belanda mengundang tim putri Indonesia untuk mengikuti pertandingan satu hari FIFA melawan timnas Belanda,” kata anggota Exco PSSI Vivin Cahyani saat jumpa pers.

Jadi ketika dikirim, saya bilang ke pelatih Mochi, kami percaya diri karena Belanda peringkat tujuh dunia, sementara kami masih jauh.

“Tetapi seperti yang dikatakan oleh pelatih kepala, kami percaya diri dan merasa terhormat karena kami diajak pergi, bukan diminta. Ini kesempatan bagus untuk putri kami,” tambahnya.

“Usai laga persahabatan di Belanda, kami istirahat sehari lalu berangkat ke Yordania,” kata Vivin.

“Kami ada pertandingan persahabatan di sana, tapi U20. Jadi pemain seniornya tidak akan berangkat ke Yordania.” 

Praktek yang Benar

Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengatakan hal itu merupakan bagian dari tujuan federasi untuk tidak memisahkan sepak bola putra dan putri.

“Saya tidak mengubah komitmen saya untuk menerapkan sepak bola wanita dan sepak bola pria,” ujarnya.

Sebenarnya kami mengeluarkan anggaran sebesar Rp36 miliar untuk sepak bola putri, salah satunya untuk penampilan Timnas U-17 kemarin di Bali.

“Khusus sepak bola putri, kami akan terus menyusun strategi jangka pendek, menengah, dan panjang,” kata Erick Thohir.

  Dengarkan berita terkini dengan pilihan berita kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran komunikasi favorit Anda untuk bergabung dengan Saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top