Ini Beras Termahal di Dunia, Tembus Rp 1,8 Juta Per Kg

TOKYO, virprom.com – Guinness World Record untuk beras termahal di dunia adalah Kinmemai Premium yang dijual seharga US$120 atau 1,8 juta rupiah.

Kinmemai Premium adalah beras artisanal pilihan premium.

Beras biasanya dijual dengan harga murah. Di Indonesia sendiri, harga beras per kilogramnya mencapai Rp 15.000.

Baca juga: Matsutake Jepang Jamur Termahal di Dunia, Ini Alasannya

Namun Kinmemai Premium yang diproduksi oleh Toyo Rice Corporation Jepang adalah pilihan beras terbaik.

Hal ini karena beras ini telah memilih biji-bijian dari lima varietas beras Jepang pemenang penghargaan yang telah dirotasi selama enam bulan menggunakan teknologi pembersih beras milik perusahaan, yang dikembangkan lebih dari 17 tahun yang lalu.

Beras premium Kinmemai dikatakan memiliki nilai gizi lebih tinggi dibandingkan beras tradisional serta rasa kelapa yang nikmat.

Biji kopinya sendiri terlihat seperti berlian kecil berkat proses pemolesan yang dipatenkan yang hanya menghilangkan lapisan lilin yang tidak dapat dimakan.

Seperti dilansir Odditycentral, Rabu (25/9/2024), beras asal Jepang ini memiliki nilai gizi unik yakni enam kali lebih banyak lipopolisakarida (LPS), penambah sistem kekebalan tubuh alami dibandingkan nasi putih biasa, membantu menjaga kesehatan dan melawan penyakit .

Baca Juga: Panen Padi di Jepang Pasca Ancaman Gempa dan Topan

Juga serat 1,8 kali lebih banyak dan vitamin B1 tujuh kali lebih banyak. Beras ini tidak dicuci, artinya tidak perlu dicuci sebelum dimakan, serta memiliki aroma yang khas dan rasa yang manis.

Selain varietas beras premium seperti Koshihikari dan Pikamaru, beras Kinmemai Premium dipilih langsung oleh para ahli di Toyo Corporation.

Faktanya, para petani dibayar delapan kali lipat dari harga normal untuk beras terbaik saja. Ini menjadikannya beras termahal di dunia.

Diiklankan sebagai “beras terbaik di dunia”, Kinmemai Premium dijual dalam kemasan 140g dengan harga sekitar US$120 per kilogram.

Beras ini memecahkan rekor dunia sebagai “beras termahal” dengan harga US$109 (Rp 1,6 juta) pada tahun 2016, namun sejak itu inflasi telah mendorong harganya semakin tinggi.

Awalnya hanya tersedia di pasar Jepang, Kinmemai Premium kini juga dijual di Singapura.

Namun nasi Kinmemai Premium tidak cocok untuk sushi karena tidak mengandung pati yang diperlukan.

Baca Juga: Gorila Tertua di Kebun Binatang AS Disuntik Mati, Ini Alasannya

Sedangkan untuk menikmati rasanya yang manis dan pedas, nasi ini direkomendasikan untuk masakan Jepang sederhana seperti ochazuke dan Tamago kake gohan. Dengarkan berita terkini dan pilihan berita kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses Saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top