Hari Ini Pasukan Israel Mulai Serangan Darat di Lebanon Selatan, Hizbullah Siap

BEIRUT, virprom.com – Tentara Israel akan menyerang negara itu hari ini, Selasa (20/1/2024), setelah kelompok Hizbullah mengumumkan akan menargetkan pasukan Israel di perbatasan Israel-Lebanon.

Menurut tentara Israel, serangan darat ini menargetkan anggota kelompok Hizbullah di desa-desa di Lebanon selatan.

Seorang pejabat keamanan Lebanon mengatakan Israel telah melancarkan enam serangan udara di selatan Beirut setelah militer Israel memerintahkan penduduk benteng Hizbullah untuk mengungsi.

Baca juga: Hizbullah Bidik Pasukan Israel di Lebanon

Meskipun ada seruan internasional untuk melakukan deeskalasi, Israel berjanji untuk terus memerangi Hizbullah dan menutup perbatasan setelah pemimpin Hizbullah Hassan Nasrallah terbunuh beberapa hari lalu.

Menteri Pertahanan Israel Yoav Gallant memperingatkan bahwa perang belum berakhir bahkan setelah serangan besar di Beirut yang menewaskan Hassan Nasrallah dan memberikan pukulan telak bagi Hizbullah.

Tentara Israel mengatakan bahwa pasukan militer, yang didukung oleh serangan udara dan artileri, “beberapa jam yang lalu” melakukan serangan darat yang menargetkan kelompok Hizbullah “di desa-desa dekat perbatasan”.

Menurut AFP, juru bicara Departemen Luar Negeri AS Matthew Miller mengatakan: “Sebelumnya, Israel memberi tahu Washington tentang serangan ini.

Presiden AS Joe Biden mengatakan pada hari Senin bahwa dia sebelumnya mengutuk pendudukan Israel atas tanah tersebut.

Baca juga: Netanyahu: Tidak ada tempat di Timur Tengah yang tidak bisa dijangkau Israel

Joe Biden berkata: Kita harus melakukan gencatan senjata sekarang.

Dalam pidato pertamanya di televisi sejak kematian Nasrallah, Naim Qassem, wakil pemimpin Hizbullah, mengatakan bahwa jika Israel memutuskan untuk memasuki negara itu, pasukannya sudah siap.

Hizbullah mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa “diragukan” bahwa pasukan Israel akan melakukan “gerakan” di kebun anggur dekat perbatasan.

Menurut sumber yang dekat dengan Hizbullah, pasukan Israel telah memasuki wilayah ini.

Hizbullah tidak memberikan komentar setelah pengumuman serangan darat oleh tentara Israel, namun TV Al-Manar dari kelompok ini menayangkan pernyataan Israel yang mengumumkan serangan ini di saluran Telegramnya.

Sementara itu, Tentara Nasional Lebanon yang dikalahkan oleh kekuatan militer Hizbullah juga mengirimkan pasukannya dari wilayah tersebut.

Di masa lalu, para pemimpin dunia mendukung pemotongan anggaran.

Baca juga: Perdana Menteri Lebanon menyerukan diakhirinya perang dengan Israel

Stephane Dujarric, Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa, mengatakan: Kami tidak ingin menyerang negara-negara. Dengarkan berita terkini di ponsel Anda dengan memilih berita kami. Pilih saluran berita favorit Anda untuk bergabung dengan saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top