Bahlil Siap Lobi Jokowi demi Kesejahteraan Pegawai Kementerian ESDM

JAKARTA, virprom.com – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Bahlil Lahadalia berencana melobi Presiden Joko Widodo untuk membahas kesejahteraan pekerja di Kementerian ESDM, mengingat pencapaian besar dalam sepuluh tahun terakhir.

Hal itu diungkapkan Bahlil pada pembukaan Konferensi dan Pameran Panas Bumi Internasional Indonesia 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), Senyan, Jakarta Pusat, Rabu (18/9/2024). Di hadapan Jokowi, beberapa duta besar, dan petinggi BUMN, Bahlil berjanji akan memberikan pengarahan kepada presiden mengenai hal tersebut.

“Jangan khawatir, setelah itu saya akan melobi presiden secara khusus,” kata Bahlil dalam acara tersebut, Rabu.

Baca juga: Kementerian ESDM Dapat Izin Bangun PLTS Terapung di Waduk, Dayanya Hingga 14 GW

Bahlil juga melaporkan peningkatan produksi bahan galian mentah pada masa pemerintahan Presiden Jokowi. Misalnya, produksi batu bara meningkat dari 461 juta ton pada tahun 2015 menjadi 775 juta ton pada tahun 2023, dengan ekspor sebesar 500-600 juta ton. Sementara produksi nikel melonjak dari 10 juta ton pada tahun 2015 menjadi 170 juta ton pada tahun 2023.

Peningkatan produksi ini berdampak positif terhadap penerimaan negara bukan pajak (PNBP). Pada periode 2015-2023, PNBP mencapai Rp1.670 triliun. 

“Tahun 2015 waktu Bapak jadi presiden, PNBP kita Rp118,7 triliun. Sekarang di tahun 2023 sudah mencapai sekitar Rp300 triliun, jadi sudah melebihi 100 persen (kenaikan),” ujarnya.

Baca Juga: Polisi Periksa 21 Saksi atas Dugaan Korupsi Pembelian PJUTS Kementerian ESDM

Bahlil menegaskan, keberhasilan tersebut merupakan hasil kerja tim, bukan sekadar hasil kerja setelah sebulan menjabat Menteri ESDM.

Namun, ia juga menyebut kesejahteraan para pekerja di Kementerian ESDM tidak sejalan dengan apa yang telah dicapai.

“Tapi saya yakin Pak, Kementerian ESDM butuh kesejahteraan yang baik. Wah, betapa semua pimpinan umum tersenyum. Pak, katanya pendapatan PNBP tahunan jika dikumpulkan dari hulu migas bisa. mencapai Rp 350 triliun. Tapi katanya Kesejahteraan masih bingung – bingung,” candanya. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan aplikasi WhatsApp sudah terinstal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top