Cara Melewati Tanjakan Ekstrem dengan Mobil Matik CVT

KLATEN, virprom.com – Mobil matic dengan transmisi variabel kontinu (CVT) sudah menjadi hal yang lumrah saat ini.

Permintaan pasar akan mobil irit dengan emisi rendah membuat produsen mobil mengadopsi jenis transmisi ini.

Namun mobil matic CVT dinilai kurang cocok untuk mendaki tanjakan karena berisiko tinggi mengalami oversteer dan overheating.

Baca juga: Cara Mengendarai Mobil matic CVT yang benar

Hardi Wibowo, Pemilik Nama Motor Yogyakarta, mengatakan jika ada mobil lain, sebaiknya jangan memaksa mobil matic CVT melewati batas lalu lintas.

“Bisa dikatakan struktur CVT dirancang untuk jalan terbuka, sehingga memungkinkan sedikit, untuk memudahkan transmisi,” kata Hardi kepada virprom.com, Senin (19/8/2024).

Hardi mengatakan, jika terpaksa harus menanjak, sebaiknya pengemudi mendinginkan transmisi terlebih dahulu sebelum memulai pendakian.

Baca Juga: Penyakit Umum Pada Mobil Transmisi CVT

“Bisa jalan kaki dulu sebelum mulai pendakian, dengan harapan transmisi tidak panas saat mulai pendakian, karena nanti beban pada transmisi akan berat,” kata Hardi.

Menurut Hardi, temperatur transmisi akan meningkat seiring beban dan putaran mesin begitu mobil mulai menanjak. Menjaga mesin pada putaran tinggi, tanpa ada pergerakan kecepatan kendaraan, menyebabkan transmisi melambat.

“Jika mesin terlalu lama berputar pada kecepatan tinggi saat melakukan perpindahan gigi, maka ada risiko transmisi mengalami overheat yang pada akhirnya dapat merusak puli dan sabuk,” kata Hardi.

Baca juga: Hati-hati, Gaya Berkendara Keras Bisa Mudah Rusak CVT

Menurut Hardi, cara paling aman mengendarai mobil CVT adalah dengan memanfaatkan peluang.

Hardi juga mengatakan, penting untuk memantau tachometer atau putaran mesin, agar tidak melewati garis merah.

Hati-hati jangan sampai putaran mesin melebihi batas merah, karena kalau sampai batas itu berarti mobil tidak bisa mengatasi tekanan yang dilewatinya, jangan dipaksakan, kata Hardi.

Bila perlu, menurut Hardi, penumpang atau kargo bisa melambat untuk memudahkan kerja CVT, termasuk mematikan AC untuk sementara. Dengarkan Injil dan pilihan pesan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran perpesanan favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top