Megawati: Bung Karno Milik Rakyat Indonesia, Siapa yang Bilang Bukan?

JAKARTA, virprom.com – Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Megawati Sukarnoputri menegaskan, Sukarno atau Bong Karno, presiden pertama Republik Indonesia, adalah milik rakyat.

Hal itu ditegaskannya saat menyampaikan orasi politik pada Konferensi Kerja Nasional (rakernas) ke-5 PDI-P yang digelar di Bandara Internasional Ancol, Jakarta, Jumat (24 Mei 2024).

“Saya dengar, saya dengar, kenapa ada yang bilang, ‘Bong Karno itu milik rakyat, itu bukan sementara,’ saya tidak tahu, lama atau tidak. Maklum, saya bilang, ‘Ya, ya. , dia milik seluruh bangsa Indonesia, dia juga milik Bung Karno sejak kecil, siapa yang bisa berkata lain?” ujar Megawati.

Presiden kelima RI ini kemudian mengatakan Bongkarno menciptakan Pancasila berdasarkan falsafah hidup berbangsa.

Baca Juga: Puji Ajok, Megawati: Hanya yang Berani di PDI Perjuangan yang Bisa Bertahan, Jangan Menyimpang

Oleh karena itu, Megawati mengatakan Pancasila adalah ideologi yang mempersatukan bangsa, membangun persaudaraan dunia.

Sebelumnya, Sekjen PDI-P Hasto Cristianto mengatakan Bung Karno bukan hanya milik bangsa Indonesia. Namun, mereka juga dianggap milik seluruh warga dunia.

Ditemui di Museum Nasional Jakarta Pusat pada 13 Mei 2024, Hasto mengatakan: “Apa yang dikatakan Park Prabowo tentang Bung Karno adalah Bung Karno bukan hanya milik rakyat Indonesia, tapi juga milik warga negara ini.”

Hasto mengatakan, Bung Karno menjadi warga dunia karena keinginannya untuk mereformasi tatanan internasional yang dinilai kacau.

Kemudian, prioritas diberikan pada landasan sistem internasional mengenai kesetaraan warga negara terhadap segala bentuk penindasan di segala bidang kehidupan dan hak asasi manusia.

Baca Juga: Megawati Ajak Pan Tukar Jabatan: Saya Ketum Partai Demokrat, Anda Jadi Ketua Umum

Seperti disebutkan sebelumnya, Prabowo Subianto, presiden terpilih RI 2024-2029, menyasar partai yang mengklaim Bung Karno sebagai partainya.

Prabowo membantah klaim partai tersebut. Ia mengatakan bahwa Sukarno adalah milik seluruh rakyat Indonesia.

Hal itu disampaikan Prabowo pada petunjuk teknis Pilkada dan Rakornas Partai Amanat Nasional (PAN) yang digelar di Hotel JS Luwansa, Jakarta Selatan, pada 9 Mei 2024.

“Meski sebagian orang selalu bilang Bongkarno seolah-olah milik partai politik, namun tidak demikian. Bongkarno milik seluruh rakyat Indonesia,” kata Prabowo.

BACA JUGA: Tanpa Jokowi, berikut beberapa menteri dan ketua umum partai yang menghadiri Kongres Buruh Nasional Partai Demokratik Rakyat. Simak berita terkini dan pilihan terbaik kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengunjungi saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top