Di Tengah Ketegangan Regional, Iran Luncurkan Rudal Balistik dan Pesawat Nirawak Baru

Teheran, Kompas. com – Di tengah meningkatnya ketegangan regional, Iran meluncurkan rudal dan drone baru pada parade militer pada Sabtu (21/9/2024).

Iran telah dituduh oleh pemerintah Barat memasok drone dan rudal ke Rusia untuk digunakan dalam perang dengan Ukraina, tuduhan yang berulang kali dibantah Iran.

Kantor berita resmi Iran, IRNA, menyebutkan bahwa rudal Jihad berbahan bakar padat dirancang dan diproduksi oleh Departemen Dirgantara Garda Revolusi Iran dan memiliki jangkauan 1.000 kilometer.

Baca Juga: Pemindahan Rudal Balistik Iran ke Rusia Bisa Menimbulkan Konflik

Drone Shahed-136B adalah versi upgrade dari Shahed-136, dengan fitur-fitur baru dan jangkauan operasional lebih dari 4.000 kilometer.

Presiden Iran Massoud Pezhashkian menghadiri parade tahunan di Teheran, memperingati perang Saddam Hussein tahun 1980-1988 dengan Irak.

“Saat ini, kemampuan keamanan dan pencegahan kami sangat canggih sehingga tidak ada yang berpikir untuk menyerang Iran tercinta,” katanya seperti dikutip AFP.

“Dengan persatuan dan keharmonisan antar negara-negara Islam, kita bisa menggantikannya dengan Israel yang penuh pertumpahan darah dan kehancuran, yang tidak menyayangkan siapa pun, perempuan, anak-anak, tua dan muda,” jelasnya.

Diketahui, Timur Tengah terjerumus ke dalam kekacauan sejak kelompok Hamas menyerang Israel pada 7 Oktober 2023, memulai perang di Gaza dan menarik sekutu Iran ke wilayah tersebut.

Bentrokan meningkat dalam beberapa hari terakhir ketika senjata Israel menargetkan wilayah utara perbatasan Lebanon di mana pasukannya memerangi kelompok Hizbullah.

Serangan udara Israel terhadap pangkalan Hizbullah di Beirut menewaskan 16 anggota milisi elit Rizwan pada hari Jumat, kata sumber yang dekat dengan kelompok tersebut, menyusul serangan udara mematikan pada komunikasi kelompok tersebut awal pekan ini.

Baca Juga: Hizbullah Kekacauan Usai Serangan Udara Israel Tewaskan Komandannya

Inggris, Perancis, Jerman dan Amerika Serikat memberlakukan sanksi baru terhadap Iran awal bulan ini, menuduh Iran memasok rudal balistik ke Ukraina ke Rusia. Dengarkan berita terbaik dan pilihan berita kami langsung ke ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top