Apa Penyebab Kantung Mata Hitam? Berikut 13 Daftarnya…

virprom.com – Kantung mata berwarna gelap bisa menghambat penampilan Anda. Nah, tahukah Anda apa saja penyebab mata hitam?

Lingkaran hitam di bawah mata biasanya disebabkan oleh proses penuaan. Namun, ada beberapa penyebab munculnya kantung mata hitam, seperti alergi, kebiasaan berair, dan gangguan kesehatan tertentu.

Untuk lebih jelasnya, simak daftar penyebab kantung mata hitam berikut ini.

Baca Juga: 8 Obat Alami Menjaga Kesehatan Mata Pada Telur Dan Telur Apa Fungsi Mata Hitam?

Dipisahkan dari Mayo Clinic dan All About Vision, berikut beberapa penyebab lingkaran hitam di bawah mata: Penuaan: Penuaan menyebabkan hilangnya elastisitas kulit dan kolagen, suatu kondisi yang menyebabkan kulit di sekitar mata menjadi tipis dan berminyak. itu tampilan yang gelap. Genetika: Hiperpigmentasi genetik juga dapat membuat kulit di sekitar mata lebih gelap dibandingkan kulit lainnya. Alergi: Menanggapi alergen seperti debu dan bulu hewan peliharaan, tubuh melepaskan bahan kimia yang disebut histamin. Hstamin menyebabkan pembuluh darah membesar sehingga lebih terlihat di bawah permukaan kulit. Kebiasaan menggaruk area mata: Histamin dapat membuat mata terasa gatal dan Anda mungkin sengaja menggaruk atau menggaruk area tersebut. Kebiasaan ini bisa menyebabkan peradangan atau pelebaran pembuluh darah di bawah kulit, yang akhirnya menimbulkan lingkaran hitam di bawah mata. Trauma: Kecelakaan yang mempengaruhi mata dapat menyebabkan jaringan parut atau lingkaran hitam. Hidrasi: Hidrasi yang cukup membantu menjaga fungsi mata dan kesehatan kulit di sekitarnya. Sementara itu, mata menjadi kusam dan muncul lingkaran hitam. Hiperpigmentasi: Penggelapan area kulit, sering terlihat pada wajah dan tangan. Hiperpigmentasi dapat disebabkan oleh faktor genetik, sinar matahari, hormon, dan cedera. Kebiasaan Merokok: Penelitian menunjukkan bahwa orang yang merokok memiliki kualitas tidur yang buruk sehingga menderita anemia: Zat besi penting untuk sirkulasi oksigen ke seluruh tubuh. Orang yang menderita anemia mungkin memiliki mata gelap karena kebutuhan oksigen jaringan mata tidak optimal. Bengkak: Lingkaran hitam dan kantung mata muncul di bawah mata akibat penumpukan cairan, terutama setelah bangun tidur atau makan terlalu banyak garam. Konsumsi alkohol: Alkohol menyebabkan pembuluh darah melebar, membuat kantung mata tampak lebih gelap dan menonjol. Kurang tidur: Kurang tidur menyebabkan sirkulasi darah yang buruk, pelebaran pembuluh darah karena kekurangan oksigen, mata hitam karena penumpukan cairan. Kondisi medis: Penyakit ginjal dan penyakit mata tiroid dapat menyebabkan kantung mata menjadi gelap.

Baca juga: Bolehkah Menyusui di Mata Anak? Beri komentar di sini…

  Bagaimana cara menghilangkan kantung mata hitam?

Menghilangkan lingkaran hitam di bawah mata bisa dilakukan dengan pengobatan rumahan atau pengobatan yang dianjurkan oleh dokter.

Pengobatan alami yang bisa Anda coba di rumah antara lain dengan tidur cukup 7-8 jam setiap malam, mencukupi kebutuhan hidrasi dengan minum air putih minimal 2 liter sehari, kompres dingin, menggunakan tabir surya, merawat wajah dan menutupi kepala. tetap di dalam. Posisi stabil saat tidur untuk mencegah retensi cairan.

Perubahan gaya hidup seperti berhenti merokok dan minum alkohol, serta mengonsumsi makanan seimbang dan bergizi juga dapat mengobati dan mencegah mata hitam.

Perawatan yang dilakukan dokter biasanya disesuaikan dengan kondisi kesehatan masing-masing pasien, misalnya penggunaan krim ringan, peeling, filler, terapi laser, suntikan vitamin C, atau pembedahan.

Demikianlah ulasan mengenai penyebab mata hitam dan cara mengatasinya. Jika Anda khawatir dengan lingkaran hitam di bawah mata atau masalah lainnya, jangan ragu untuk memeriksakan diri ke dokter. Dengarkan berita terkini dan pilihan berita kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top