Bawaslu Sebut 5 Provinsi Rawan Konflik di Pilkada, Ada Jatim, NTT, Kaltim, Sulsel, dan Sulteng

JAKARTA, virprom.com – Badan Penyelenggara Pemilu (Bawaslu) mengidentifikasi lima provinsi dengan tingkat krisis tertinggi pada Pemilihan Presiden (Pilkada) 2024.

Kelima provinsi tersebut antara lain Nusa Tenggara Timur (NTT), Kalimantan Timur (Kaltim), Jawa Timur (Jatim), Sulawesi Selatan (Sulsel), dan Sulawesi Tengah (Sulteng).

Ketua Bawaslu Rahmat Bagja mengatakan provinsi-provinsi tersebut menghadapi permasalahan di berbagai tahapan pemilukada, baik pencalonan, kampanye, hingga penghitungan suara.

“Lima provinsi tersebut paling rawan untuk pemungutan suara, kampanye, dan penghitungan suara,” kata Ketua Bawaslu Rahmat Bagja usai penyusunan peta keamanan pada pemilu yang sama tahun 2024 di Hotel Bidakara, Batavia Selatan, Senin (26/8). /2024).

Baca juga: Menko Polhukam: PKPU Pilkada Nomor 10 Sesuai Kehendak Rakyat, Dibuat di Atas.

Selain itu, terdapat 28 provinsi dengan tingkat keterpaparan sedang dan empat provinsi dengan tingkat keterpaparan rendah.

Bawaslu juga merinci kerentanan berdasarkan wilayah/kota, dengan hasil terdapat 84 kabupaten/kota yang berada pada tingkat kerentanan tinggi.

Misalnya kita bicara tentang Kabupaten Malang, Fakfak, Pinrang, Bangkalang, Bulukumba, Baubau, Manggarai Timur, bahkan Kabupaten Berau, kata Bagja.

Untuk mengatasi tantangan di wilayah rentan tersebut, Bawaslu berencana berkoordinasi dengan berbagai pemangku kepentingan, seperti pemerintah daerah dan aparat keamanan TNI-Polri, untuk mengurangi penerapan hambatan keamanan.

Baca juga: Demokrat Percayakan Tri Adhianto dan Abdul Harris Bobihoe Usung Pilkada Kotapraja Bekasi.

Anggota Bawaslu RI Puadi menjelaskan tingginya risiko di beberapa daerah pada Pilkada 2024 dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk keamanan dan tata kelola. 

“Daerah yang sering terjadi konflik sipil atau rawan gangguan keamanan, misalnya daerah yang mempunyai riwayat konflik politik atau kekerasan,” kata Puadi.

Selain itu, faktor lain yang dipertimbangkan dalam peta kerentanan antara lain peluang terjadinya kecurangan, tingkat partisipasi pemilih, infrastruktur dan prasarana, kerentanan sosial dan ekonomi, serta fragmentasi politik. Dengarkan berita terbaik dan pilihan berita kami langsung ke ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk bergabung dengan Saluran whatsapp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top