Ancaman Bom Guncang Springfield Usai Trump Tuding Imigran Haiti Makan Kucing

SPRINGFIELD, virprom.com – Sebuah gedung umum dan sekolah di Springfield, Ohio, Amerika Serikat (AS), terpaksa dievakuasi setelah diduga ada ancaman bom pada Kamis (12/9/2024) waktu setempat.

Springfield menjadi sorotan dalam beberapa hari terakhir setelah cerita yang tidak berdasar tentang imigran Haiti yang memakan hewan peliharaan beredar di media sosial.

Sayangnya, cerita ini diperkuat oleh Donald Trump.

Baca juga: Debat Harris-Trump Disaksikan 67 Juta Orang, Lampaui Debat Biden Terakhir

Meskipun pejabat setempat mengatakan mereka belum menerima laporan yang dapat dipercaya tentang hewan peliharaan yang dicuri atau dimakan, mantan presiden dan kandidat Gedung Putih dari Partai Republik itu menegaskan kembali klaim tersebut dalam debat presiden AS tahun 2024 pada Selasa (10/9/2024).

“Karena ancaman bom diterima hari ini di beberapa properti di seluruh Springfield, Balai Kota ditutup hari ini. Pejabat kota diberitahu tentang ancaman tersebut melalui email pagi ini pukul 20:24. “Email tersebut telah dikirim ke berbagai lembaga dan media,” demikian isi pesan di halaman Facebook pemerintah Springfield, menurut AFP.

Sebuah sekolah dasar Fulton juga dievakuasi pada hari Kamis, meskipun tidak jelas apakah hal tersebut terkait dengan ancaman bom yang sama.

Setelah tiba di sekolah untuk menjemput putranya, imigran Haiti Mackenzo Rosem mengatakan kepada AFP bahwa ketegangan di masyarakat saat ini mengkhawatirkan.

“Saya sedikit tegang. Saya pikir sesuatu akan terjadi,” katanya.

Pemberitahuan dalam bahasa Inggris, Spanyol, dan Kreol Haiti memberi tahu Rosem dan orang tua lainnya bahwa siswa tersebut telah dipindahkan ke sekolah menengah.

Sementara itu, surat kabar lokal Springfield News-Sun memberitakan bahwa ancaman bom datang dari seorang pria yang mengaku berasal dari Springfield dan menyinggung masalah imigrasi Haiti.  The Springfield News-Sun melaporkan hal ini dengan mengacu pada pernyataan walikota, Rob Roux.

Baca juga: Berbagai Tipuan dan Fakta dalam Debat Calon Presiden AS Trump Vs Harris

Meskipun ada ancaman bom, Trump masih me-retweet meme teori konspirasi tersebut beberapa jam kemudian di platform Truth Social miliknya.

Dia mengklaim Ohio dibanjiri imigran ilegal, sebagian besar dari Haiti, yang mengambil alih kota dan desa dengan kecepatan yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Pada hari Selasa, Gedung Putih memperingatkan bahwa retorika semacam itu dapat menyebabkan kerusakan nyata pada masyarakat.

“Disinformasi seperti ini berbahaya karena akan ada orang yang mempercayainya, tidak peduli betapa konyol dan bodohnya hal itu, dan mereka mungkin akan bertindak berdasarkan informasi tersebut dan bertindak dengan cara yang dapat merugikan seseorang.” – Sekretaris Pers National Dewan Keamanan John Kirby mengatakan kepada jurnalis tersebut.

Springfield, yang berpenduduk sekitar 58.000 jiwa, mengalami peningkatan imigran Haiti dalam beberapa tahun terakhir.

Springfield News-Sun melaporkan jumlah tersebut mencapai 10.000-15.000.

Baca juga: Siapa Pemenang Debat Capres AS, Kamala Harris atau Donald Trump?

Pelayanan sosial, sekolah dan perumahan berada di bawah tekanan di kota ini selama bertahun-tahun, dan beberapa pihak menyebut migrasi sebagai salah satu faktornya.

Partai Demokrat juga menuduh Trump dan pasangannya, Senator Ohio J. Namun Vance memicu ketegangan rasial dengan menggunakan teori konspirasi Springfield untuk mengangkat masalah imigrasi dalam kampanye menjelang pemilihan presiden bulan November.

Dulu, Vance memang mengatakan bahwa imigran Haiti yang kemudian menetap di Springfield, Ohio sering memakan hewan peliharaan.

  Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top