Dokter Jelaskan Pentingnya Deteksi Dini Demensia

virprom.com – Deteksi dini penyakit demensia dapat membantu pasien menjalani hidup lebih baik dan juga memudahkan perawat atau orang terdekatnya.

Mahar Mardjono, dokter spesialis saraf Rumah Sakit Pusat Otak Nasional (RSPON), dr. Asnelia Devicaesaria, Sp.N Subsp. NGD (K), diumumkan Antara.

Deteksi dini penyakit demensia, khususnya demensia Alzheimer, penting untuk menegakkan diagnosis penyakit.

Setelah itu, dokter akan melihat apakah gejala demensia bisa membaik atau tidak dan memutuskan pengobatan yang tepat.

Baca juga: Apa Penyebab Kematian Penderita Alzheimer? Informasi ini…

Pada demensia Alzheimer yang tidak dapat disembuhkan, deteksi dini berfungsi untuk memperlambat perkembangan penyakit yang semakin meningkat seiring bertambahnya usia.

Asnelia menegaskan, hal yang kurang penting dibandingkan deteksi dini demensia adalah edukasi kepada keluarga pasien. Sebab, penderita demensia tidak hanya membutuhkan perawatan medis, namun juga membutuhkan dukungan keluarga.

“Pengobatannya tidak dilakukan oleh dokter saja, melainkan memerlukan dukungan terbaik dari keluarga,” kata Asnelia.

Penderita demensia yang terdeteksi sejak dini bisa mendapatkan bantuan untuk menjaga kemandirian dan mengatasi masalah sosial yang mungkin timbul akibat perubahan perilaku.

Demensia disebabkan oleh perubahan struktur otak yang dapat menyebabkan perubahan perilaku sehingga dapat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Disfungsi kognitif ini, selain faktor genetik, juga menyebabkan diabetes, tekanan darah tidak terkontrol, merokok, konsumsi alkohol berlebihan, dan cedera kepala.

Demensia yang biasa terjadi pada orang berusia 65 tahun ke atas juga menyebabkan penurunan aktivitas fisik setelah bekerja tidak produktif dan mengurangi keintiman.

Baca juga: Bagaimana Penyakit Alzheimer? Begini Penjelasan Dokter Saraf… Bisakah Demensia Dicegah?

Untuk mencegah demensia, Asnelia menyarankan agar lansia dapat melakukan aktivitas tertentu atau membuat rencana aktivitas harian atau mingguan.

Kegiatan terencana dapat membantu orang dewasa mempertahankan arah mengenai tempat, waktu, dan orang.

Mereka juga mendorong para lansia untuk melakukan aktivitas yang mereka sukai, seperti mengikuti kegiatan keagamaan, berolahraga, membaca buku, dan berinteraksi dengan anggota keluarga, teman, dan keluarga besar, baik secara langsung maupun melalui telepon atau video. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top