23 Tahun Tragedi 9/11, Berapa Sebenarnya Korban Tewas dan yang Belum Ditemukan?

WASHINGTON DC, virprom.com – 11 September menandai peringatan 23 tahun serangan teroris terhadap World Trade Center dan Pentagon, sebuah tindakan yang menurut publik Amerika telah mempengaruhi kehidupan orang Amerika selamanya.

Pada pagi hari tanggal 11/9, United Airlines Penerbangan 175 dan American Airlines Penerbangan 11 lepas landas dari Boston menuju California sebelum para pembajak menabrakkan pesawat tersebut ke Pusat Menara Perdagangan Dunia Utara dan Selatan di kota New York. 

American Airlines Penerbangan 77 menabrak Pentagon ketika penumpang mencoba mengambil United Airlines Penerbangan 93 dari para pembajak sebelum pesawat itu jatuh ke sebuah lapangan di Pennsylvania.

Baca Juga: Konspirasi Runtuhnya WTC 9/11 Benarkah Ada Bom di Gedung Itu? Berapa banyak orang yang meninggal pada 9/11?

Menurut USA Today, serangan 9/11 menewaskan 2.977 orang di New York, Washington DC dan Pennsylvania, menurut 9/11 Memorial and Museum. 

Jumlah itu mencakup 2.753 orang tewas di New York, 184 orang di Pentagon, dan 40 orang tewas saat Angkatan Udara ke-93 jatuh di Pennsylvania. 

Penumpang termuda yang meninggal adalah Christine Hanson, seorang gadis berusia 2 tahun yang menuju Disneyland dengan United Airlines Penerbangan 175. 

Yang tertua adalah Robert Norton, 82, dari Angkatan Udara ke-11 AS. 

19 pembajak al-Qaeda juga tewas.

Para korban 9/11 diperingati di bekas Menara Perdagangan Dunia. 

Nama-nama korban dicantumkan dalam kelompok berdasarkan tempat penyerangan dan hubungannya dengan korban lainnya.

Baca juga: Serangan 11 September 2001, Ini Kata-kata Terakhir Pramugari Sebelum Pesawat Jatuh di WTC

Menurut majalah Ground Zero Tour, “hampir setiap nama dilingkari oleh orang-orang yang mereka cintai.” 

Setiap pagi, para staf menempatkan mawar putih pada nama khusus untuk merayakan ulang tahun mereka. Berapa banyak petugas pemadam kebakaran yang tewas pada 9/11?

343 petugas pemadam kebakaran tewas pada 11 September, yang merupakan hampir setengah dari kematian saat bertugas dalam 100 tahun sejarah Departemen Pemadam Kebakaran Kota New York.

Pada tahun 2019, diperkirakan 200 petugas pemadam kebakaran Kota New York meninggal karena penyakit yang berhubungan dengan Ground Zero, termasuk paparan bahan kimia beracun, cedera traumatis, serta stres fisik dan emosional. 

Pada tahun 2022, FDNY memperkirakan jumlahnya akan mencapai 300. 

Organisasi Kesehatan Dunia melaporkan bahwa hampir 80.000 orang telah didiagnosis menderita masalah kesehatan mental dan emosional akibat paparan debu, asap, puing-puing, dan trauma serangan 11/11.  Berapa banyak korban tewas pada 11 September yang tidak pernah ditemukan?

Menurut Kantor Pemeriksa Medis New York (OCME), sekitar 40 persen korban masih belum terdiagnosis. Jumlahnya 1103 orang. 

Pada bulan Januari, OCME mengidentifikasi 1.650 korban melalui analisis DNA sebagai John Ballantine Niven, 44, dari Oyster Bay, New York, wakil presiden senior Aon Risk Services.

Baca juga: Kronologi Lengkap Serangan 9/11, dari WTC hingga Pentagon

OCME melaporkan bahwa upaya untuk mengidentifikasi korban Organisasi Perdagangan Dunia adalah penyelidikan terbesar dan paling kompleks dalam sejarah AS.

  Dengarkan berita terbaru dan pilih berita di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top