Kementerian ESDM Ungkap Potensi Besar Konversi Motor Listrik di RI

JAKARTA, virprom.com – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menekankan pentingnya program konversi kendaraan roda dua berbahan bakar fosil menjadi listrik sebagai salah satu jalan menuju era elektrifikasi.

Dijelaskan Dadan Kusdiana, Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM, situasi tersebut seiring dengan populasi pasar kendaraan roda dua yang mencapai 1,4 juta unit.

Jika peluang ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya, bukan tidak mungkin Indonesia bisa menjadi pemain utama di era Electric Vehicle (EV) dan pada akhirnya ikut mencapai Net Zero Emission (NZE).

Baca juga: Marquez Sebut Bastianini Harus Dihukum

 

Potensi konversi kendaraan roda dua sangat besar. Konversi bertahap ini tidak hanya membantu mengurangi konsumsi bahan bakar yang sebagian masih kita impor, tetapi juga akan mendorong pertumbuhan industri dalam negeri, ujarnya dalam keterangan tertulis yang dikutip, Senin. ( 23/23/ ). 9/2024).

Dadan mengatakan pihaknya saat ini sedang mengembangkan industri komponen lokal bersama Asosiasi Industri Sepeda Motor Listrik Indonesia (Aismoli) dan mendorong tumbuhnya bengkel konversi.

“Kementerian ESDM terus mengupayakan dua isu utama, yaitu peningkatan ketahanan energi dan penurunan emisi. Kedua hal tersebut harus dilakukan secara bersamaan,” ujarnya.

Selain itu, Dadan kembali mengungkapkan bahwa sepeda motor listrik jauh lebih ramah lingkungan dibandingkan sepeda motor diesel.

Misalnya, satu liter bahan bakar dapat menempuh jarak kurang lebih 35 km dan menimbulkan 2,5 kg emisi CO2. Sementara itu, satu kWh listrik yang digunakan sepeda motor listrik untuk jarak yang sama hanya menghasilkan 40 persen bahan bakar, yakni emisi sekitar 1,9 kg lebih sedikit.

Baca juga: Dampak Sering Ganti Merek Oli pada Mesin Sepeda Motor

 

Pada kesempatan serupa, ia juga mengapresiasi perlombaan EV Congress 2024 yang dicanangkan AISMOLI di International Circuit Sentul Karting pada Minggu (22/9). Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap kehandalan dan performa sepeda motor listrik remanufaktur.

Ia berharap melalui acara ini masyarakat yang masih meragukan kemungkinan sepeda motor listrik dan sepeda motor konversi menjadi lebih percaya diri.

“Hari ini kita akan menyaksikan langsung kehandalan sepeda motor listrik yang dikonversi. Kita berharap semakin banyak masyarakat yang beralih dari sepeda motor berbahan bakar minyak ke sepeda motor listrik,” kata Presiden Aismoli Budi Setiyadi. Dengarkan berita terkini dan berita kami diambil langsung dari ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top