AC Mobil Dingin Cuma Saat Cuaca Hujan, Ini Penyebabnya

Sleman, virprom.com – Menurunnya kinerja AC pada mobil dipengaruhi oleh banyak faktor, karena sistemnya saling berhubungan, mulai dari bagian kelistrikan, aliran freon, hingga kerusakan pada komponen utama.

Umumnya AC mobil akan mampu menciptakan pengkondisian udara pada kabin mobil pada kondisi cuaca yang berbeda-beda. Namun, dalam beberapa keadaan cuaca hanya akan sejuk saat hujan.

Tentu saja kejadian tersebut bukan suatu kebetulan melainkan indikasi bahwa kinerja AC mobil sudah berkurang. Simak penjelasan ahli berikut ini!

Baca Juga: Ini Hal Kecil, Kebiasaan Ini Bisa Membuat AC Mobil Anda Berfungsi Lama.

Dewa, pemilik bengkel spesialis AC mobil Jogja, mengatakan AC mobil yang sehat pasti mampu meningkatkan kualitas udara di dalam kabin, apapun kondisinya.

Kondisi cuaca akan sangat mempengaruhi pengoperasian sistem pendingin udara, misalnya saat panas kompresor akan bekerja lebih keras dan masa kerja mungkin lebih lama karena harus melawan panas, kata Deva kepada virprom.com, Kamis. . . (27/6/2024).

Deva mengatakan, kondisi sebaliknya juga berlaku: saat cuaca hujan atau dingin, sistem pendingin udara akan bekerja lebih mudah karena target suhu kabin dapat dicapai dengan lebih mudah.

Baca juga: Kenali Tanda-Tanda AC Mobil Tua Masih Bagus

Selain target suhu di dalam kabin, sistem pendingin freon juga akan ditingkatkan, air dapat digunakan sebagai tambahan refrigeran agar sistem pendingin udara bekerja lebih ringan, kata Deva.

Namun, kata Deva, kendalanya AC hanya mendingin saat hujan, pertanda performa AC sudah berkurang.

Deva berkata: “Penyebabnya mungkin jumlah freon yang tidak mencukupi, kompresor lemah, dan aliran freon terhambat. Untuk mengetahui bagian mana yang bermasalah, diperlukan analisis oleh ahlinya dengan menggunakan alat tersebut.”

Baca Juga: AC Mobil Tidak Dingin, Solusinya Cukup Gunakan Freon?

Deva mengatakan, ketika terjadi kekurangan freon, penting untuk memeriksa kebocoran pada AC agar dapat segera diperbaiki dan dikembalikan performanya.

“Jika aliran freon tidak lancar bisa dipengaruhi oleh beberapa komponen seperti pengering yang kotor, kondensor tersumbat, dan selang tersumbat karena tertekuk atau kotor,” kata Deva.

Jika masalahnya adalah kotoran, Deva mengatakan solusinya mungkin dengan melakukan perawatan tanpa membongkar AC atau menggunakan metode pembilasan.

Baca juga: AC Mobil Tua Mendadak Panas, Simak Bagian Ini

 

Sedangkan jika kompresor lemah, Deva mengatakan perlu dilakukan pengukuran tekanan pada selang bertekanan tinggi menggunakan alat khusus untuk mendeteksinya.

Oleh karena itu AC mobil hanya menjadi dingin saat hujan karena performanya menurun sehingga perlu adanya perbaikan pada sistem AC tersebut. Dengarkan pilihan berita terkini dan berita utama kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top