Anak Sakit Flu dan Batuk, Kapan Harus ke Dokter?

virprom.com – Influenza dan batuk merupakan penyakit yang umum terjadi pada anak-anak. Penyakit yang sebagian besar disebabkan oleh virus ini dapat menyebabkan demam, hidung tersumbat, bersin, sakit tenggorokan, dan nyeri otot.

Untuk mengatasi flu dan batuk pada anak, orang tua sebenarnya bisa melakukan pengobatan rumahan yang sederhana. Namun, ada beberapa kondisi penyebab balita Anda terserang flu dan batuk yang memerlukan perhatian medis khusus.

“Anak sebaiknya dibawa ke dokter jika demam tinggi lebih dari dua hari, atau demam turun beberapa hari lalu demam kembali lagi, gejalanya tidak kunjung membaik atau malah bertambah parah,” kata dia. dokter anak. Melia Yunita pada temu media yang diselenggarakan oleh Bodrexin Jakarta (22/04/2024).

Jika anak Anda kesulitan bernapas, bernapas lebih cepat dari biasanya, mukanya membiru, demam tinggi, dan batuk atau mengi, segera bawa anak Anda ke dokter.

Baca juga: Pertolongan Pertama Batuk Anak, Yang Perlu Diketahui Orang Tua

Selain itu, obat paracetamol atau antipiretik hanya boleh diberikan ketika suhu tubuh anak mencapai atau melebihi 38 derajat Celcius. Penting juga untuk memeriksa suhu tubuh menggunakan termometer, tidak hanya dengan menempelkan telapak tangan ke dahi anak.

Kalau demam, suhu normalnya 36,5 hingga 37,5 derajat. Parasetamol bisa diberikan jika suhu anak 38 derajat Celcius atau lebih atau anak sedang tidak sehat, kata dr. Melia.

Agar anak lebih nyaman saat demam, ia menyarankan untuk menyalakan AC dan mengenakan pakaian tipis, dibandingkan terburu-buru memberikan parasetamol.

Demam merupakan tanda sel imun tubuh sedang melawan bakteri atau virus asing yang masuk ke dalam tubuh.

Penyanyi sekaligus ibu dua anak Tasja Kamil menceritakan pengalamannya menghadapi flu dan batu yang diderita anaknya.

“Cara saya biasanya lebih preventif (usaha), jadi sebelum kita sakit pastikan kita dorong anak kita makan makanan bergizi dan istirahat yang cukup,” kata Tasya di acara yang sama.

Baca juga: 3 Posisi Tidur Terbaik Saat Asma Kembali

Untuk meredakan batuk dan pilek pada anak, sebaiknya perbanyak asupan air putihnya. Tasja pun mengaku membatasi konsumsi suplemen gorengan agar tidak memperparah batuk anak.

Sementara soal obat flu dan batuk, Tasja menekankan pentingnya memilih obat aman yang telah teruji sesuai standar BPOM, termasuk jenis obat yang sesuai dengan kondisi tubuh anak. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top