Aset Pertamina Tumbuh 32 Persen Setelah Restrukturisasi

virprom.com – Selama periode 2020-2023, aset Pertamina meningkat signifikan sebesar 32 persen. Jumlah tersebut bahkan mencapai 91,1 miliar dolar AS atau setara Rp 1,39 triliun pada akhir tahun 2023.

Peningkatan aset diperkirakan akan terus bertambah seiring dengan pembenahan operasional Pertamina ke depan. 

Fadjar Djoko Santoso, VP Corporate Communications Pertamina, mengatakan pertumbuhan pendapatan Pertamina didorong oleh peningkatan aset tetap dan perluasan aset minyak, gas, dan panas bumi yang dikelola oleh Pertamina Group. 

“Sejak restrukturisasi organisasi, transaksi keuangan dan kinerja seluruh lini baik holding maupun holding menjadi lebih kuat dan handal sehingga mendorong perkembangan aset Perseroan,” kata Fadjar dalam pidatonya, Kamis (26/9). /2024). ).

Baca juga: MyPertamina dukung digitalisasi UMKM di Grand Prix Pertamina Indonesia 2024

Berdasarkan Laporan Tahunan Pertamina tahun 2023, secara historis aset Pertamina pada tahun 2020 tercatat sebesar $69,14 miliar AS. Kemudian mencapai 78,05 miliar dolar AS pada tahun 2021.

Total aset akan kembali meningkat menjadi US$87,8 miliar pada tahun 2022. Pada akhir tahun 2023, jumlah tersebut menjadi US$91,1 miliar atau setara dengan Rs1.390 triliun.

“Pertamina akan terus mengoptimalkan aset dan meningkatkan kinerjanya untuk mendorong kinerja positif Perusahaan secara berkelanjutan,” tambah Fadjar.

Pertamina, tambah Fadjar, akan terus mendorong program optimalisasi biaya di seluruh Pertamina Group untuk menunjukkan operasional bisnis perusahaan semakin tangkas, tangkas, dan efisien.

Baca juga: Resmi Dimulainya Grand Prix Pertamina Indonesia 2024, Ajang Kebanggaan Daerah Lombok

“Keberhasilan optimalisasi aset dan efisiensi sangat berperan penting dalam meningkatkan pendapatan dan laba perusahaan,” kata Fadjar. 

Pertamina sebagai perusahaan terdepan di bidang transisi energi berkomitmen mendukung tujuan net zero emisi pada tahun 2060 dengan terus mendorong program-program yang berdampak langsung pada pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG).

Seluruh upaya tersebut merupakan bagian dari penerapan prinsip-prinsip lingkungan hidup, sosial dan tata kelola (ESG) di seluruh bisnis dan operasi Pertamina. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top