Banyak Event Dibatalkan karena Alasan Keamanan, Jokowi: Tugasnya Polri Membuat Aman

JAKARTA, virprom.com – Presiden Joko Widodo mengkritik Polri karena banyak acara yang dibatalkan demi alasan keamanan, padahal penyelenggara acara sudah memiliki izin.

Jokowi mengatakan Polri harus memastikan acara berlangsung aman.

“(Acara dibatalkan) Alasannya adalah keamanan. Ya, keamanan itu tugas polisi menyelesaikan dari tidak aman menjadi aman,” kata Jokowi saat peluncuran layanan pemindaian izin penyelenggara acara di Jakarta Selatan, Senin ( 24/06/2024).

Jokowi mengaku banyak menerima keluhan dari penyelenggara acara yang acaranya dibatalkan padahal sudah mendapat izin menggelar acara.

Baca Juga: Jokowi Lemah Saat Temukan Izin Gelar MotoGP di Mandalika Rumit

“Ini masih (terjadi) di kita, kalau izin sudah keluar tetap dicabut. Saya belum menerima satu atau dua pengaduan pun atas kejadian ini. Kalau izin diberikan, bisa dicabut,” ujarnya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini juga menilai permasalahan utama penyelenggaraan acara di Indonesia adalah kepastian izin yang sudah lama tidak diberikan.

Oleh karena itu, ia meminta penyelenggara acara untuk mengajukan izin jauh-jauh hari, misalnya enam bulan hingga satu tahun sebelum acara, untuk mempercepat proses perizinan dan memudahkan pelaksanaan acara.

Jokowi mengatakan pemerintah sudah memiliki sistem perizinan acara online yang bisa mengeluarkan izin dalam waktu 14 hari.

Baca juga: Jokowi: Susahnya Jadi Event Organizer di Indonesia

Menurutnya, sistem ini memberikan keamanan sehingga penyelenggara bisa lebih baik dalam mempromosikan acara dan menjual tiket.

“Saya juga dengar masyarakat biasanya baru mengajukan (izin) seminggu sebelumnya. Mendadak sekali. Ya susah kalau mendadak. Jadi kita semua harus bekerja dengan perencanaan yang baik,” kata Jokowi. katanya

“Jadi kalau di dunia internasional, artis juga punya jadwal yang padat, jadi harus rencanakan jauh-jauh hari. Sama kita, artis juga punya jadwal yang padat. Penyelenggara juga harus minta izin jauh-jauh hari, dengan waktu berbulan-bulan, jangan tiba-tiba. .” dia menambahkan Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top