Guru Besar FK UI Ciptakan Alat Digital Deteksi Dini Stroke

virprom.com – Guru Besar Neurologi Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Indonesia (UI) Profesor Dr. Al Rashid memaparkan inovasi teknologi kesehatan mikrokapiler digital.

Perangkat portabel ini dirancang untuk memantau kekentalan darah untuk membantu mendeteksi dini kelainan hemorheologi, penyebab utama stroke.

“Teknologi mikrokapiler digital memungkinkan deteksi perubahan aliran darah secara lebih akurat dan cepat. Deteksi dini ini memungkinkan perawatan medis lebih awal, mengurangi risiko eksaserbasi serangan stroke akut, dan meningkatkan hasil klinis bagi pasien,” kata Profesor Al. Rasyid. , Minggu (29/09/2024), ditulis Antara.

Baca Juga: Kasus Stroke dan Denyut Jantung Tinggi, Menkes: Puskesmas Lakukan Pemeriksaan Kesehatan

Dijelaskannya, perangkat ini mudah digunakan, portabel, dan terjangkau sehingga dapat diterapkan di berbagai fasilitas kesehatan, mulai dari rumah sakit rujukan hingga puskesmas di daerah terpencil.

Stroke merupakan salah satu masalah kesehatan terbesar di Indonesia. Menurut data Beban Penyakit Global tahun 2020, stroke bertanggung jawab atas 6,6 juta kematian dan 143,23 juta tahun hidup yang disesuaikan dengan disabilitas (DALYs) di seluruh dunia.

Sementara itu, laporan BPJS menunjukkan bahwa biaya perawatan stroke di Indonesia mengalami peningkatan yang signifikan, dari Rp1,43 triliun pada tahun 2016 menjadi Rp2,57 triliun pada tahun 2018.

“Alat ini memiliki potensi besar untuk mendeteksi dini kelainan hemorheologi dan meningkatkan kualitas perawatan stroke di Indonesia. Dengan tindak lanjut yang lebih baik, pasien dapat menerima pengobatan lebih cepat sehingga dapat memperbaiki kondisi klinis secara signifikan,” ujarnya.

Baca Juga: Mengenal Aneurisma Otak, Masalah Pembuluh Darah Pemicu Stroke

Menurut Al Rashid, penerapan mikrokapiler digital memerlukan pendekatan komprehensif, mulai dari perolehan perangkat hingga pelatihan tenaga medis untuk pengoperasian yang akurat dan interpretasi hasil.

Ia menyoroti pentingnya infrastruktur pendukung seperti telemedicine untuk mendukung konsultasi jarak jauh antara tenaga medis di daerah terpencil dan dokter spesialis di rumah sakit rujukan.

“Saya ingin menekankan kembali betapa pentingnya deteksi dini kelainan hemorheologi dalam perkembangan dan pencegahan outcome stroke akut di Indonesia. Penggunaan perangkat mikrokapiler digital menawarkan peluang besar untuk meningkatkan kualitas perawatan stroke, memungkinkan deteksi dini dan intervensi tepat waktu,” kata Al Rashid, profesor.

Inovasi ini diharapkan dapat membuka jalan bagi perawatan stroke yang lebih efektif di seluruh pelosok Indonesia, serta mendorong kolaborasi antara pemerintah, fasilitas kesehatan, dan masyarakat untuk bersama-sama meningkatkan sistem kesehatan nasional.

Profesor Al Rashid telah mempublikasikan hasil penelitiannya di banyak jurnal ilmiah internasional. Penelitiannya yang terkenal meliputi studi tentang kekentalan darah pada stroke iskemik, penyakit jantung kronis, dan potensi manfaat antosianin pada pasien penyakit serebrovaskular. Dengarkan berita terkini dan penawaran berita kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top