Merawat Shockbreaker Motor agar Awet dan Optimal

JAKARTA, virprom.com – Peredam kejut merupakan salah satu elemen penting pada kendaraan yang bertugas meredam benturan saat berkendara di jalan tidak rata.

Shockbreaker yang terawat akan membuat berkendara Anda semakin nyaman dan aman.

Namun tentu saja ada juga pengendara yang lalai dalam merawat shockbreaker sehingga menyebabkan elemen ini cepat rusak dan efisiensinya menurun.

Baca Juga: Marc Márquez Berjuang Keras di MotoGP San Marino 2024

Merawat bemper sebenarnya tidak terlalu sulit asalkan dilakukan secara konsisten. Dengan perawatan yang tepat, Anda dapat memperpanjang umur peredam kejut dan menjaga kenyamanan berkendara.

Menurut Wahyu Budhi, Training Analyst PT Wahana Makmur Sejati, salah satu aturan utama perawatan shockbreaker adalah dengan melakukan pengecekan berkala terhadap kebocoran oli pada komponen tersebut.

“Shockbreaker yang bocor biasanya meninggalkan bekas oli di sekitar pipa. Kalau oli terus bocor maka kinerja shockbreaker akan menurun dan getaran di jalan semakin kuat,” jelas Wahyu kepada virprom.com, Sabtu (6/06/9/2024).

Selain itu Wahyu juga menambahkan bahwa menjaga kebersihan shockbreaker sangatlah penting.

“Kotoran yang menempel pada shockbreaker dapat merusak seal dan komponen internal. Untuk itu, pastikan untuk membersihkan shockbreaker secara rutin, terutama setelah berkendara di jalan berlumpur atau berdebu,” kata Wahyu.

Selain melakukan pemeriksaan dan pembersihan secara rutin, Wahyu menyarankan agar Anda tidak membawa beban berlebihan yang dapat mengganggu kinerja shockbreaker.

Baca juga: Akibat Membiarkan Bearing Sepeda Motor Rusak dan Merusak Komponen Lainnya

“Terus menerus mengangkut beban berlebihan dapat menyebabkan shockbreaker cepat aus dan akhirnya rusak. Ingatlah untuk selalu mematuhi batas maksimal beban kendaraan yang direkomendasikan pabrikan,” kata Wahyu.

Dengan melakukan perawatan yang sederhana dan terus-menerus, maka shockbreaker kendaraan Anda akan berfungsi maksimal dalam jangka waktu yang lama. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top