Menag Yaqut: Bung Karno Tak Boleh Diklaim oleh Satu Partai Saja

JAKARTA, virprom.com – Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas menilai Presiden pertama Republik Indonesia (RI) Sukarno tidak boleh diklaim sebagai anggota partai politik mana pun.

Hal itu disampaikan Yaqut pada Dialog Nasional dan Konferensi Kerja Nasional Gerakan Kristen Indonesia Raya (Gekira) di Hotel Bidakara, Jakarta, Sabtu (8/3/2024).

Awalnya, Menteri Agama Yaqut menyatakan Indonesia tidak pernah terpecah belah karena ideologi Pancasila. Ia kemudian menyebut Sukarno sebagai orang yang menciptakan dan memperjuangkan tujuan tersebut.

Baca selengkapnya: Tak Mau Jawab Laporan NACC Menag: Kami akan cari opsi lain

“Inilah yang kemudian menjadi Pancasila yang kita kenal sekarang, dan Bung Karno membuktikan bahwa apa yang digalinya, namanya Pancasila, mampu menjaga Indonesia hingga saat ini,” kata Yaqut.

Dalam kesempatan tersebut, Yaqut menyinggung adanya pihak yang mengaku sebagai kelompok terdekat Sukarno. Ia pun mengamini pernyataan Ketua Umum Partai Kerindra, Prabowo Subinato, yang menyatakan Bung Carneau bukan partai.

“Memang benar Bunkarneau tidak bisa diklaim oleh satu kelompok saja. Bunkarneau tidak bisa diklaim oleh satu pihak saja. Itu tidak diperbolehkan. “Bung Karno milik seluruh bangsa.

“Oleh karena itu, pantas jika mantan Ketua Umum Kerintra, mantan Ketua Umum Kerintra, juga mengatakan bahwa ‘Bungarno juga milik Gerindra’ ya, karena Bungarno bukan hanya satu partai. Bukan hanya Partai Kerindra. Bukan sekedar partai, partai, tapi “itu juga bagian dari Indonesia,” ujarnya.

Baca Juga: Menag Yaqut dan Wamenag Lapor ke KPK Soal Dugaan Korupsi Transfer Kuota Haji

Sebelumnya, Prabowo Subianto yang akan terpilih menjadi presiden 2024-2029 menyasar partai yang kerap mengklaim presiden pertama RI, Sukarno atau Bung Karno, adalah partainya. Menurutnya, Sukarno sepenuhnya milik bangsa Indonesia.

Hal itu diungkapkan Prabowo saat acara Bimbingan Teknis dan Rakornas Pilkada PAN di Hotel JS Luwansa, Jakarta Selatan. Pada Kamis malam (5/9/2024)

“Meski ada yang selalu mengklaim Bung Karno satu partai, tidak, Bung Karno milik seluruh rakyat Indonesia,” kata Prabowo.

Baca Juga: Menteri Agama Yaqut Pastikan Garuda Indonesia Akan Kaji Ulang Penyelenggaraan Haji. Lihat berita terkini dan pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top