Apa Manfaat Kapulaga bagi Kesehatan?

virprom.com- Kapulaga (Amomum cardamomum) merupakan salah satu bumbu dapur yang banyak digunakan dalam berbagai makanan, terutama makanan yang kaya akan rempah-rempah.

Tanaman kapulaga termasuk dalam famili Zingiberaceae (lihat) dan habitat aslinya berada di pegunungan atau di dataran tengah yang banyak lembab.

Selain digunakan sebagai bumbu dapur, kunyit juga dibutuhkan sebagai bahan baku industri makanan, minuman, obat-obatan, dan kosmetik.

Baca Juga: 8 Khasiat Kapulaga Bagi Kesehatan dan Khasiatnya

Menurut laporan di website Kementerian Pertanian, kartu lokal mengandung 2,4 persen minyak atsiri berupa senyawa aktif cineol, borneol, limonene dan alpha trepinylacetate.

Kapulaga telah dikenal sebagai bagian dari pengobatan tradisional selama berabad-abad.

Menurut Healthline, beberapa manfaat kapulaga bagi kesehatan yang didukung penelitian meliputi:

1. Dapat menyebabkan penggumpalan darah

Kapulaga bermanfaat bagi penderita tekanan darah tinggi. Dalam sebuah penelitian, peneliti memberikan 3 gram bubuk kapulaga per hari kepada 20 orang dewasa yang baru didiagnosis tekanan darah tinggi. Setelah 12 minggu, tekanan darah mereka turun secara signifikan ke tingkat normal.

Hasil positif penelitian ini berkaitan dengan jumlah antioksidan pada kapulaga. 

Peneliti juga menduga kapulaga menurunkan tekanan darah karena efek diuretiknya, yang berarti merangsang urin untuk membuang kelebihan air dari tubuh, seperti jantung.

2. Senyawa yang melawan kanker

Ekstrak kapulaga dapat membantu melawan sel kanker. Studi pada tikus menunjukkan bahwa bubuk kapulaga dapat meningkatkan aktivitas enzim tertentu yang membantu melawan kanker. Bumbu ini meningkatkan kemampuan sel pembunuh alami untuk membunuh tumor.

3. Mengobati penyakit kronis 

Kapulaga kaya akan senyawa yang mampu melawan peradangan. Peradangan terjadi ketika tubuh bersentuhan dengan zat asing. Antioksidan dalam kapulaga melindungi sel dari kerusakan dan mencegah peradangan.

Baca Juga: 10 Rempah dan Jamu yang Ampuh Sebagai Obat Alami

4. Membantu mengatasi masalah pencernaan, termasuk sakit maag

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top