Benarkah Usia Pakai Aki Mobil Tak Lebih dari 2 Tahun?

KLATEN, virprom.com – Aki pada mobil berperan sebagai penyimpan tenaga listrik dan menjadi penyuplai perangkat elektronik dan kelistrikan mobil.

Baterai yang tidak dalam kondisi terbaik tidak dapat menyimpan listrik dengan baik sehingga sering terjadi kehilangan terutama pada saat start. 

Oleh karena itu, penting untuk memastikan kesehatan aki agar mobil tidak mogok di jalan, meskipun Anda ingin membeli mobil bekas.

Baca juga: Update Harga Aki Mobil September 2024

Hardi Wibowo, pemilik Aha Motor Yogyakarta, mengatakan rata-rata umur aki mobil adalah 2 tahun sehingga perlu persiapan penggantinya.

“Jika aki mobil sudah berumur 2 tahun, sejak pertama kali membeli yang baru, ada baiknya menyiapkan uang untuk penggantian,” kata Hardi kepada virprom.com, Jumat (27/9/2024).

Menurut Hardi, benchmark ini didasarkan pada data rata-rata umur baterai pada mobil konsumen.

Baca juga: Faktor Penyebab Aki Mobil Meledak

Shop & Drive Manager Penggaron Suprawitno mengatakan, umur ideal baterai harus mengikuti anjuran pabrikan, yakni sekitar satu setengah tahun.

Idealnya 1,5 tahun atau 30.000 km pemakaian sesuai rekomendasi pabrikan, tapi bisa saja lebih lama atau sebaliknya, kata Supra baru-baru ini kepada virprom.com.

Supra menjelaskan, aki mobil bisa bertahan lebih lama jika pemiliknya memperhatikan kebutuhan aki, baik perawatan maupun pemasangan rangkaian kelistrikan mobil.

Baca juga: Berikut Langkah yang Benar Mengganti Aki Mobil yang Rusak

“Tergantung kabel-kabel di mobil masih bagus atau ada yang bocor. Kalau bocor, meski mobil dimatikan, arus listrik di aki terus mengalir sehingga menyebabkan cepat habis. baterai.” kata Supra.

Supra juga mengatakan, rangkaian kelistrikan tambahan atau tidak standar juga meningkatkan kemungkinan terjadinya kebocoran arus.

“Penambahan sirkuit pada berbagai mesin yang dioperasikan oleh orang yang tidak melalui proses kendali mutu seperti setting pabrik hanya akan memperbesar kemungkinan terjadinya kebocoran arus listrik sehingga dapat menyebabkan baterai cepat aus,” kata Supra.

  Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top