Bahaya Laten Mobil Bekas yang Radiatornya Diisi Air Mineral

KLATEN, virprom.com – Coolant merupakan cairan pendingin mesin yang direkomendasikan pabrikan mobil untuk mengisi radiator.

Namun banyak konsumen yang memilih menggunakan air biasa atau air mineral untuk mengisi radiatornya. Namun, semua jenis air bisa berfungsi sebagai pendingin.

Namun, penggunaan air mineral untuk air radiator dalam jangka panjang dapat menimbulkan akibat yang sangat buruk. Jadi ada bahaya tersembunyi pada mobil tua yang radiatornya biasanya diisi air mineral.

Baca Juga: Cara Aman Memilih Cairan Pendingin Radiator Mobil

Hardi Wibowo, pemilik Aha Motor Yogyakarta, mengatakan penggunaan air radiator biasa dalam jangka panjang bisa berakibat buruk.

Hardy mengatakan kepada virprom.com, Selasa (20/8/2024), “Setelah digunakan lebih dari 10 tahun, air radiator dengan kandungan mineral yang tinggi dapat menyebabkan bagian-bagian mesin terkorosi atau menjadi tidak aman.

Risiko kerusakan terbesar adalah jaket air di luar dinding silinder, kata Hardy. 

Baca Juga : Ketahui Batas Normal Dehidrasi Pada Radiator Mobil

 

“Bagian ini terbuat dari alumunium alloy sehingga masih bisa mengalami korosi, dan jika dibiarkan terlalu lama bisa keropos sehingga silinder tidak bisa bekerja,” kata Hardy padahal seharusnya, kata Hardy.

Hardy mengatakan, tidak hanya water jacket saja, seluruh komponen logam seperti area radiator, pompa air, dan setiap saluran bisa bocor.

“Harus hati-hati pada mobil tua yang sudah terbiasa tidak menggunakan cairan pendingin untuk mengisi radiator, karena resikonya bersabar dengan kerusakan-kerusakan tersebut di atas,” kata Hardy.

Baca Juga: Interval Penggantian Air Radiator Mobil Tanpa Cairan Pendingin

Konsumen sebaiknya segera mengganti air radiator dengan coolant karena berpotensi menimbulkan kerusakan, kata Hardy.

Jadi perbaikan menyeluruh dilakukan terlebih dahulu, tapi kemudian terlindungi dari risiko overheating, kata Hardy.

Sebaliknya, jika tidak segera diganti dengan cairan pendingin dan sistem pendingin yang lebih baik, maka laju korosi pada komponen mesin akan semakin parah, menurut Hardy. Dengarkan berita terkini dan pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top