Bahaya Air Masuk ke CVT Motor Bisa Jebol

JAKARTA, virprom.com – Air yang masuk ke sistem CVT (continuously variable transmisi) pada sepeda motor lama kelamaan bisa pecah.

Menurut Vahyudin, teknisi berpengalaman di Astra Honda Motor (AHM), air bisa masuk ke CVT melalui ventilasi, terutama saat sepeda motor melewati kolam renang atau kondisi banjir.

Air yang masuk ke CVT sangat berbahaya karena komponen di dalamnya harus bekerja dalam kondisi kering. Jika terkena air, gesekan antar komponen bisa putus dan menimbulkan kerusakan serius, kata Vahyudin kepada virprom.com, Senin. (9/9/2024).

Baca Juga: Produsen pakaian ini ajak ratusan konsumen dari berbagai kota bertemu

Vahyudin juga mencatat, filter udara CVT harus bersentuhan langsung dengan air. Jika filter basah, air akan lebih mudah masuk ke cam CVT sehingga meningkatkan risiko kerusakan.

Kontaminan seperti air, debu, pasir, dan asap masuk ke ventilasi CVT dan juga dapat mempercepat keausan komponen.

“Perawatan rutin dan kehati-hatian saat berkendara di jalan banjir sangat penting untuk pengoperasian CVT yang baik. “Hindari sumber dan pastikan ventilasi CVT bebas kotoran,” tambah Vahyudin.

Baca Juga: Pemakaian Oli Jelek Bisa Merusak Performa Sepeda Motor Anda

Setiap pengendara sepeda motor matic sebaiknya memberikan perhatian khusus pada CVT, terutama saat melintasi jalan basah atau berdebu.

Perawatan sederhana ini dapat memperpanjang umur CVT Anda dan menjaga performa mesin tetap optimal. Dengarkan berita terbaru dan pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan aplikasi WhatsApp Anda sudah terinstal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top