Saat Layanan Kesehatan di Inggris Ternyata Masih Gunakan “Pager”

virprom.com – Alat elektronik kecil bernama “pager” ini bisa digunakan sebagai alat komunikasi. Ia mencapai masa kejayaannya pada tahun 1990an.

Namun setelah kemunculan ponsel, pager mulai ditinggalkan penggunanya. Padahal dahulunya alat komunikasi ini memegang peranan penting dalam beberapa bidang.

Seperti layanan medis dan layanan darurat. Hal ini berkat daya tahan dan daya tahan baterainya yang lama.

Baca selengkapnya: Teori mengapa pager Hizbullah meledak, menewaskan 11 orang dan melukai 2.800 orang

“Ini adalah cara termurah dan paling efektif untuk menyampaikan pesan kepada banyak orang tanpa memerlukan tanggapan,” kata seorang ahli bedah senior di sebuah rumah sakit besar di Inggris.

Menurutnya, pager sering digunakan oleh dokter dan perawat melalui National Health Service (NHS).

“Ini digunakan untuk memberi tahu orang-orang ke mana harus pergi, kapan, dan untuk apa,” katanya.

Namun pager tersebut menjadi berita utama pada hari Selasa ketika ribuan pager yang digunakan oleh anggota kelompok Hizbullah meledak secara bersamaan di seluruh Lebanon.

Ledakan tersebut menewaskan sedikitnya 9 orang dan melukai hampir 3.000 lainnya, menurut laporan Reuters, Kamis (19 September 2024).

Menurut sumber senior keamanan Lebanon dan lainnya, bahan peledak di perangkat tersebut ditanam oleh agen mata-mata Israel, Mossad.

Menurut pemerintah, NHS Inggris menggunakan sekitar 130.000 pager pada tahun 2019. Angka terbaru tidak tersedia.

Baca juga: Berikut Hasil Investigasi Awal Lebanon Terkait Penyebab Pager Meledak

Dokter yang bekerja di unit gawat darurat rumah sakit membawanya pergi saat mereka sedang bertugas.

Beberapa pager juga dapat mengirimkan sirene dan kemudian menyiarkan pesan suara ke grup sehingga seluruh tim medis diberitahu pada saat yang sama mengenai keadaan darurat, kata seorang dokter senior NHS.

Hal ini tidak mungkin dilakukan dengan telepon seluler.

Layanan sekoci Angkatan Laut Kerajaan Inggris (RNLI) menggunakan pager untuk memperingatkan awaknya, kata sumber yang mengetahui layanan sekoci tersebut kepada Reuters. Namun RNLI menolak berkomentar.

Dua sumber yang mengetahui kegiatan kelompok tersebut mengatakan kepada Reuters tahun ini bahwa Hizbullah menggunakan pager sebagai alat komunikasi berteknologi rendah untuk menghindari pelacakan lokasi Israel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top