Dokter: Ibu Menyusui dengan Riwayat TB Boleh Berikan ASI pada Anak

virprom.com – Ibu menyusui yang memiliki riwayat penyakit tuberkulosis (TB) tetap diperbolehkan untuk menyusui bayinya.

“ASI bisa diberikan. Ikatan Anak Indonesia (IDAI), pakar Penyakit Pernapasan dan Paru-Paru (Respirologi) Muchammad Fahrul Udin mengatakan, “Mereka hanya diwajibkan minum obat selama dua minggu.”

Fahrul mengatakan agar ibu dengan riwayat TBC yang sedang menyusui tetap menggunakan masker saat bekerja bersama dan di sekitar anaknya.

Hal ini untuk mencegah penularan TBC melalui udara.

Baca juga: Dokter Jelaskan Perbedaan Limfoma dan TBC

Namun, tidak semua ibu penderita TBC bisa menyusui bayinya.

Orang tua dengan riwayat TBC berat disarankan untuk menyusui anaknya.

“Orang tua yang memiliki riwayat TBC resistan obat disarankan untuk tidak menyusui karena risikonya tinggi pada anaknya,” ujarnya.

Untuk menghindari tertular bakteri tuberkulosis, diharapkan orang tua dapat hidup dengan baik, seperti memberikan penerangan yang cukup pada setiap ruangan dengan ventilasi yang cukup.

Pasalnya, penyakit ini ditularkan melalui udara, sehingga udara segar dan sirkulasi darah yang baik dapat membunuh virus tersebut.

Baca juga: Menkes: Indonesia Lakukan 3 Tes Vaksinasi TBC

Penularan pada anak saat hamil wanita bisa melalui vagina saat hamil.

Dalam kasus ini, orang tua diharapkan memeriksakan diri ke dokter dan kemudian minum obat secara rutin.

Menurut Kementerian Kesehatan, berdasarkan World Report 2022, Indonesia merupakan negara dengan beban tuberkulosis kedua setelah India.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperkirakan 969.000 orang terinfeksi tuberkulosis di Indonesia, dan 717.941 di antaranya telah diberitahu.

Tuberkulosis Tahan Tuberkulosis (TB RO) merupakan penyakit yang berdampak terhadap kesehatan masyarakat, dan jumlah penderitanya yang semakin meningkat sehingga memerlukan upaya pengendalian yang komprehensif dari semua pihak.

Pada tahun 2013, Menteri Kesehatan mengeluarkan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 13 Tahun 2013 tentang Pedoman Penatalaksanaan Penyakit TBC dalam Rangka Penatalaksanaan Tuberkulosis RO yang Efektif di Indonesia.

Perkembangan penatalaksanaan tuberkulosis RO di seluruh dunia semakin pesat, baik dari segi diagnosis, kombinasi obat, maupun penatalaksanaan penyakit berbasis pasien yang disebut jalur pasien. Dengarkan berita terbaik dan pilihan berita di ponsel Anda. Pilih saluran favorit Anda untuk bergabung dengan Saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda memiliki aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top