Perhatikan Kualitas Oli Mobil Saat Musim Kemarau

KLATEN, virprom.com – Musim kemarau masih berlangsung di sebagian besar wilayah Indonesia, sehingga suhu siang hari akhir-akhir ini sangat panas.

Akibat kemarau panjang ini, sebagian wilayah menjadi berdebu, terutama di jalan tanah, seperti perdesaan.

Lingkungan yang berdebu rupanya mempengaruhi umur oli mesin pada kendaraan bermotor. Simak penjelasan ahlinya di bawah ini untuk penjelasan lebih detailnya!

Baca juga: Update Harga Oli Motor Skuter September 2024, Shell Turun

Teknisi PT Pertamina Lubricants (PTPL) Brahma Putra Mahayana mengatakan, umur oli mesin dipengaruhi oleh pengotor yang ada, termasuk kualitas udara, semakin banyak maka oli semakin cepat kotor.

“Kontaminan bisa berupa debu di lingkungan. Debu yang beterbangan di udara sekilas tidak terlalu mempengaruhi kualitas oli mesin di dalamnya, tapi jika ditelusuri, debu itu terbawa ke dalam mesin saat pembakaran.” nanti ada persidangannya,” kata Brahma kepada Kompas baru-baru ini. .com.

Brahma mengatakan, saat mesin hidup, piston akan menarik udara ke ruang bakar, dan dalam prosesnya, debu tersebut menjadi pengotor oli mesin melalui ring piston dan menyapu pelumas ke dinding silinder.

Baca Juga: Jangan Lakukan Ini Saat Mengganti Oli Mesin Mobil Anda

“Kalaupun kecil, debu di ruang bakar akan tersapu oleh oli mesin yang bekerja di area dinding silinder sehingga menjadi pencemar oli, jumlahnya sedikit tapi berulang,” kata Brahma.

Brahma mengatakan konsumen harus memperhatikan kualitas oli motor, karena kualitas oli bisa menurun lebih awal dari biasanya atau sesuai anjuran pabrikan.

“Penurunan kualitas minyak secara umum disebabkan oleh banyaknya kontaminan yang masuk ke dalamnya, padahal kualitas minyak itu sendiri sebenarnya sudah dirancang lebih tahan dibandingkan permintaan pasar,” kata Brahma.

Oleh karena itu, konsumen sebaiknya memeriksa kualitas oli mesinnya pada musim kemarau ini dan lebih sering menggantinya jika diperlukan untuk menjaga performa kendaraan dan mengurangi keausan komponen. Dengarkan berita dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Periksa apakah Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top