Pelatih Asing Mulai Rasakan Pengaruh VAR di Liga 1 2024-2025

virprom.com – Teknologi Asisten Wasit 2024-2025 Penggunaan Video Assistant Referee (VAR) di Liga 1 mulai memberikan dampak signifikan.

Hal itu terjadi pada Senin (19 Agustus 2024) sore saat laga pekan ke-2 antara PSS Slayman melawan Persik Kediri di Stadion Thormanahan.

Pesic mengakhiri laga dengan skor 2-0. Ramiro Fergonzi mencetak gol pada menit ke-17 dan Moher Supriyadi mencetak gol pada menit ke-66.

Gol pertama Persic yang dicetak Ramiro Fergonzi awalnya dianulir karena offside oleh asisten wasit.

BACA JUGA: Pendapat Pelatih Asing Soal VAR dan Wasit Asing di Ligue 1 2024

Namun gol tersebut akhirnya disahkan setelah wasit Adham Mohamed Tuma Makhadmeh memeriksa VAR dan berdiskusi dengan wasit VAR.

Momen tersebut menyebabkan permainan terhenti selama beberapa menit, dan pelatih Persic Marcelo Rospade merasa khawatir sambil menunggu keputusan akhir.

Situasi yang sama juga terjadi di Sleman, mereka memeriksa VAR dan tidak ada gol,” kata pelatih asal Brasil itu. .

Baca juga: Truk VAR Penting untuk Transformasi Sepak Bola Indonesia

Ia menegaskan, dalam sepak bola modern, teknologi VAR adalah bagian dari permainan dan harus diterima serta dianut oleh semua pihak.

Menurutnya, momen seperti pengecekan VAR dan sapuan gol membawa keseruan ganda bagi tim dan penonton.

“Itu bagian dari permainan, apa yang bisa saya katakan, itu bagian dari permainan dan kami harus beradaptasi,” ujarnya.

Meski demikian, Marcelo Rospade mengakui penerapan teknologi tersebut masih memerlukan beberapa penyesuaian, mengingat VAR baru pertama kali diterapkan secara penuh di La Liga pada musim 2024-2025.

Sebelumnya VAR hanya digunakan pada Seri Kejuaraan Ligue 1 Prancis 2023-2024 dan Piala Presiden 2024, sehingga mungkin masih ada kendala teknis atau kendala lainnya.

Namun saya yakin pelanggaran-pelanggaran di pertandingan Liga 1 bisa ditangani dengan baik melalui VAR. Ini juga akan berdampak positif pada permainan, ujarnya. Dengarkan berita terkini dan pilihan terbaik kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengunjungi saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top