Peringati Hari Berita Sedunia, Industri Berita Global Luncurkan Kampanye “Choose Truth”

virprom.com – Selasa (24/9/2024) menandai peluncuran kampanye global “Pilih Kebenaran”, sebagai bagian dari peringatan Hari Pers Sedunia pada 28 September.

Lebih dari 100 negara, ratusan organisasi berita, asosiasi media, dan individu akan bergabung untuk menyoroti pentingnya jurnalisme berbasis fakta. 

Mereka akan mendorong pemirsanya untuk mendukung outlet berita tepercaya.

Baca Juga: Terkait Kabar Presiden Lai Dikritik Masyarakat, Berikut Penjelasan Kantor Perwakilan Taiwan di Indonesia

Hari Berita Sedunia diselenggarakan bersama oleh Forum Editor Dunia WAN-IFRA dan Institut Jurnalisme Kanada, dengan tema kampanye tahun ini “Pilih Kebenaran” yang dikembangkan oleh Project Kontinuum, sebuah inkubator kampanye yang dipimpin oleh pendiri Harian Maverick Branko Brkic.

“Hari Berita Sedunia menawarkan momen untuk merefleksikan peran penting jurnalis independen dan berani dalam komunitas di seluruh dunia. Pekerjaan mereka memberikan bukti yang menunjukkan kebenaran,” kata David Walmsley, redaktur pelaksana The Globe and Mail dan promotor The Globe and Mail. Hari Berita Sedunia.

Kampanye ini menyoroti komitmen berkelanjutan jurnalis dalam melaporkan fakta, sekaligus mengakui tantangan masyarakat dalam menavigasi lingkungan informasi yang penuh dengan misinformasi.

Dalam artikel bersama untuk Hari Pers Sedunia, Brkic dan pemenang Hadiah Nobel Maria Ressa menulis: “Kebisingan dan kekerasan cepat atau lambat akan mereda dan wacana berdasarkan kebenaran dan kesusilaan akan kembali , setiap hari. Kami akan membela kebenaran.”

Presiden WAN-IFRA Ladina Heimgartner, Direktur Media Ringier AG dan CEO Ringier Media Swiss, mengatakan: “Dengan kampanye ini kami menggarisbawahi komitmen kolektif kami untuk menegakkan prinsip-prinsip jurnalisme berbasis fakta memberikan berita yang akurat, andal, dan independen menjadi hal yang sangat penting.

Hari Berita Sedunia sendiri merupakan inisiatif global untuk menarik perhatian masyarakat terhadap peran jurnalis dalam menyediakan berita dan informasi yang dapat dipercaya untuk melayani masyarakat dan demokrasi. Hari Berita Sedunia diperingati setiap tahun pada tanggal 28 September.

Hari Berita Sedunia dipersembahkan oleh World Editors Forum, Canadian Journalism Foundation (CJF) dan Daily Maverick Kontinuum Project.

WAN-IFRA (Asosiasi Penerbit Berita Dunia) adalah organisasi pers global yang terdiri dari 3.000 penerbit berita dan perusahaan teknologi, serta 60 asosiasi penerbit nasional yang mewakili 18.000 publikasi di 120 negara. WAN-IFRA mempunyai misi untuk melindungi hak jurnalis dan editor di seluruh dunia untuk menjalankan media independen.

Canadian Journalism Foundation (CJF), didirikan pada tahun 1990, mempromosikan, merayakan dan memfasilitasi keunggulan dalam jurnalisme. Organisasi ini menyelenggarakan program penghargaan dan beasiswa tahunan bergengsi yang mencakup pesta industri di mana para pemimpin, jurnalis, dan bisnis Kanada berkumpul untuk merayakan pencapaian jurnalistik yang luar biasa dan nilai jurnalisme profesional. 

Baca Juga: Kantor Berita Internasional Ramai Potret Kate Middleton, Ada Apa?

Sementara itu, Proyek Kontinuum merupakan upaya yang digagas Daily Maverick yang dipimpin oleh Branko Brkic untuk menegaskan kembali peran positif media berita dalam komunitas global. “Memilih Kebenaran” adalah proyek untuk kolaborasi masa depan.

  Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top